1308
  2016-11-14       www.buildhealthnaturally.com

Fenomena Peyusutan Volume Otak, Benarkah?

Baru-baru ini sebuah penelitian mengungkapkan bahwa terjadi penyusutan volume otak manusia. Benarkah? Simak ulasanya berikut ini.

Deane Lene 133 views

Apa itu otak?

Source: www.pmap.co

Setiap makhluk vertebrata dan invertebrata memiliki otak. Otak adalah suatu pusat sistem saraf yang ada didalam tubuh. Fungsi otak adalah mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.

Dalam otak manusia, terdiri dari ratusan juta sel saraf atau neuron yang memiliki fungsi masing-masing untuk menjaga keseimbangan dalam tubuh seseorang. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

Terdapat banyak sekali fungsi dari otak secara keseluruhan dan tentunya penjelasan tersebut sangat panjang bila ingin dijelaskan secara rinci. Tanpa adanya otak, seseorang tidak akan bisa hidup karena otak adalah pengendali utama kehidupan seseorang.

Peyusutan Volume Otak, Benarkah?

Source: 1.bp.blogspot.com

Apakah benar dewasa ini otak manusia mengalami penyusutan yang cukup signifikan? Dengan sangat berat hati aku mengungkapkan fakta bahwa fenomena tersebut benar adanya. Baru-baru ini beberapa hasil penelitian mengungkapkan bahwa terjadi penyusutan pada otak manusia. Penelitian ini sudah mulai dilakukan sejak beberapa tahun silam. Penelitian ini diawali dengan fenomena semakin menurunnya tingkat seseorang dalam memahami suatu peristiwa disekitar lingkungannya.

Apa penyebabnya?

Berdasarkan hasil dari beberapa penelitian mengungkapkan penyebab dari fenomena ini sungguh sangat tidak diduga-duga loh moeslemates. Pasalnya apa yang menyebabkan hal ini terjadi adalah kebiasaan yang mungkin sebagian kalian lakukan sehari-hari. Berikut beberapa penyebab dari penyusutan volume otak yang perlu kalian ketahui:

Melewatkan sarapan pagi

Source: Onnit

Stop kebiasaan kalian untuk tidak sarapan pagi ya moeslemates. sarapan pagi sangat penting dilakukan agar saat kita beraktifitas nanti dalam kondisi tubuh yang prima. Tentunya saat kalian sarapan pagi sama dengan kalian memberikan asupan nutrisi bagi otak. Kebayang kan kalau kalian menghilangkan kebiasaan ini setiap harinya?

Otak yang tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup tentunya akan melemahkan dan merusak fungsi saraf didalamnya. Ketika fungsi saraf tidak maksimal maka akan terjadi penurunan fungsi motorik dan fungsi kognitif kalian nih. Semakin kalian menghambat asupan nutrisi otak semakin menyusut volume otak kalian. Jangan sampai hal itu terjadi ya moeslemates. Mulai dari sekarang biasakan sarapan pagi walaupun hanya sedikit.

Kurangnya asupan air mineral

Source: cdns.klimg.com

Moeslemates.... Jangan pernah abaikan kebutuhan air mineral dalam keseharian kalian ya. Mengapa? Sebab hampir 80% tubuh kita terdiri dari air dan tentunya otak membutuhkan asupan air terbanyak. Kebayang kan kalau otak kalian yang dipaksa untuk terus bekerja namun tidak mendapatkan asupan air mineral yang cukup? Mungkin jika kalian ketika tengah sibuk menjalani aktifitas secara tiba-tiba merasa pusing dan kesulitan untuk bernapas atau mungkin kesulitan untuk berkonsentrasi, ini adalah salah satu sinyal dari otak bahwa kalian kurang mengkonsumsi air mineral. Kekurangan air mineral dalam kondisi serius akan mengakibatkan kematian. Jadi penuhilah kebutuhan air mineralmu setiap harinya. Jangan terpaku dengan anjuran 2Lt/hari sebab kebutuhan seseorang berbeda-beda. Jadi pastikan kalian mengkonsumsinya sesuai dengan kebutuhan.

Kurang tidur

Masa sih ada kaitannya dengan tidur? Yap.... Ini sangat berkaitan sekali dengan fungsi otak manusia. Mengapa? Karena ketika kita memiliki gangguan tidur atau memilih untuk begadang, pada saat yang sama otak akan memproduksi sebuah protein yang tidak diperlukan pada dasarnya. Pembentukan protein tersebut lama kelamaan akan membentuk plak dan menempel pada saraf. Plak inilah yang akan mengganggu sistem kerja saraf pada otak dan tentunya menjadi salah satu penyebab menyusutnya volume otak. Selain itu dampak lain dari penumpukan plak ini adalah terjadinya gangguan pada sistem kerja jantung, paru-paru dan organ vital lainnya. Dampak penumpukan plak yang berkepanjangan akan mengakibatkan kematian. Jadi biasakan dari sekarang, cukupilah tidur kalian, yaitu 8 jam sehari.

Gadget addicted

Penelitian terbaru mengatakan bahwa fenomena ini diperkuat dengan adanya fenomena gadget addicted atau kecanduan gadget. Mengapa? Karena pada dasarnya mereka yang terbisa dengan segala kecanggihan gadget, tidak akan terbiasa berpikir untuk menyesaikan suatu masalah dengan cara yang lebih kreatif. Pasalnya dalam gadget disuguhkan berbagai macam fasilitas yang memudahkan seseorang mencari informasi untuk memecahkan suatu permasalahan. Hal ini yang membuat otak tidak terlatih untuk berpikir. Selain itu dalam gadget pula terdapat sebuah dunia sosial yang bersifat maya.

Biasanya seseorang yang tidak bisa terlepas dari gadgetnya juga memiliki duia sosial maya tersebut. Ini sangat berbahaya sekali jika terus menerus belangsung. Sebab berdasarkan hasil penelitian mengatakan bahwa seseorang yang memiliki kebiasaan ini mengalami penyusutan volume otak secara signifikan. Jadi mulai sekarang bijaklah terhadap penggunaan gadget ya moeslemates.

Sex addicted

Salah satu penelitian mengatakan bahwa kebiasaan seseorang menonton film prono akan merusak jaringan saraf otak. Setiap kali mereka menonton akan putus beberapa jaringan saraf otak seseorang. Hal ini tidak hanya berdampak pada penyusutan volume otak tetapi juga berdampak pada penurunan daya kognitif juga pada fungsi motoriknya. Biasanya sesorang yang gemar menonton film porno akan memiliki sifat pasif baik dalam kesehariannya ataupun dalam dunia sosialnya.

Pada umumnya kebiasaan ini sangat sulit dihentikan. Semakin lama seseorang mengenal hal ini maka akan semakin sulit mereka untuk melepaskan diri dari kebiasaannya. Mengapa? Karena bukan hanya sekedar kebiasaan saja tetapi rutinitas ini menjadi sebuah kebutuhan yang sulit untuk dipisahkan. Jadi, jauhkan diri kalian dari hal ini ya moeslemates dan jika hal ini terjadi pada orang-orang yang ada disekitar kalian, bantulah mereka untuk terlepas dari kebiasaan ini agar bisam mendapatkan kehidupan yang lebih baik lagi kedepannya.

Stress

Ini juga menjadi salah satu masalah yang cukup besar peranannya pada fenomena penusyutan otak. Biasanya ini terjadi pada orang-orang yang terdampak akan suatu trauma tapi tidak menutup kemungkinan stress akan tuntutan kantor, lingkungan dan sebagainya juga dapat mempengaruhinya. Penyusutan otak dapat menyebabkan seseorang kesulitan untuk mengingat sesuatu dan sulit berkonsentrasi. Hal ini pula yang mengganggu keterampilan motorik dan membuat seseorang kesulitan untuk merencanakan sesuatu.

Siapa saja yang terdampak?

Source: www.mindful.org

Dewasa ini, usia remaja sudah mulai terdapak dari penyusutan otak. Gaya hidup saat ini membiasakan anak mengenal gadget diusia sedini mungkin dan tentunya waktu penggunaannya pun kurang bijak sebab kebanyakan dari orang tua beranggapan bahwa dengan adanya gadget, gugur sudah kewajiban orang tua untuk menyediakan waktu khusus untuk berinteraksi dengan anak.

Berdasarkan dari data hasil penelitian mengatakan bahwa usia 13-17 tahun mendapatkan nilai tertinggi usia yang terdampak pada penyusutan volume otak disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat.

Lalu, bagaimana langkah preventifnya?

Pada hasil penelitiannya, para peneliti memberikan saran untuk melakukan langkah preventif sedini mungkin terutama pada anak. langkah-langkah tersebut sebagai berikut:

Source: media.licdn.com

- Rangsanglah otakmu untuk memunculkan ide setiap harinya.

- Hindari sikap malas membaca

- Cobalah untuk beradu argumentasi

- Aktiflah mencari informasi edukatif

- Sharing ilmu dengan orang lain

- Buatlah daftar skill yang ingin kamu pelajari dan lakukan

- Buatlah daftar hasil pencapaian dalam hidupmu

- Budayakan menulis informasi/pengetahuan yang telah kamu miliki

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS