1279
  2017-01-06       santrius.com

Keutamaan-keutamaan Menjaga Wudhu

Setidaknya kita pasti melaksanakan wudhu minimal 5x sehari, namun tahukah Moeslemates diantara keutamaan sunah menjaga wudhu ini ?

Indah 338 views

Assalamu'alaykum Moeslametes,

Berwudhu, salah satu syarat sahnya salat, menjadi amalan mulia ketika kita mampu menjaganya.
Tantangan dalam amalan yang sangat mudah dikerjakan ini adalah perlu keistiqomahan menjalankannya, tidak hanya dilakukan sebelum melakukan shalat, wudhu bisa dilakukan kapan saja.

Adapun keutamaan-keutamaan menjaga wudhu yang sangat sayang kita lewatkan adalah

Mereda Amarah

Source: imgrum.net

Apakah Moeslemates tipe orang yang mudah marah ? sering bad mood ? moody?

Tidak perlu melampiaskan amarah kesiapapun, cukup dengan berwudhu, hati dan pikiran menjadi rileks sehingga kita merasa lebih segar, amarahpun reda.

Marah itu bersumber dari setan, setan itu di ciptakan dari api, sedangkan api dapat dipadamkan dengan air. Oleh karena itu, bila seseorang dari kalian marah, maka hendak nya dia memadamkannya dengan wudu.
Source: HR. Ahmad

Menjaga Diri dari Perbuatan Maksiat

Source: eramuslim.com

Perbuatan maksiat bisa datang kapan dan dimana saja. Tanpa kita sadari godaan syaitan datang semata-semata menambah dosa yang tiap harinya selalu bertambah.

Dan tentunya, Moeslemates selalu ingin berusaha agar dijauhkan dari perbuatan maksiat, maka berwudhu adalah salah satu caranya.

.. dan ketahuilah sebaik-baik amal kalian adalah shalat dan tidaklah menjaga wudhu melainkan orang-orang yang beriman.
Source: HR. Ibnu Majah dan Ahmad

Senantiasa Ditemani dan Didoakan Malaikat

Sungguh beruntung sekali keutamaan ibadah ini, didoakan dan ditemani seorang Malaikat, makhluk yang selalu taat dan patuh pada Allah.

Bahkan disebutkan dalam kitab tanqih al-Qand al-Hatsis bahwasanya,
"Barangsiapa tidur dalam keadaan berwudhu ,maka apabila mati disaat tidur maka matinya dalam keadaan syahid disisi Allah".

Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci
Source: HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a

Mendapat Cahaya pada Anggota Wudhu

Source: 4.bp.blogspot.com

Sebenarnya tanpa menggunakan make up agar wajah terlihat putih bercahayapun air wudhu mampu membuat wajah menjadi cerah, bercahaya di hari kiamat.

Coba Moeslemates lihat saudara-saudaranya yang senantiasa menjaga wudhu, insyaAllah menemukan wajah yang bercahaya dengan senyumnya :)

Sesungguhnya umatku akan dihadirkan pada hari kiamat dengan wajah, tangan, dan kaki yang bercahaya karena bekas-bekas wudhu mereka. Karenanya barangsiapa di antara kalian yang bisa memperpanjang cahayanya maka hendaklah dia lakukan
Source: HR. Al-Bukhari no. 136 dan Muslim no. 246

Mengangkat Derajat Disisi Allah

Source: ar-rofiepati.blogspot.co.id

Kisah Bilal, seorang budak yang masuk islam, mengingatkan kita bahwa dengan menjaga wudhu bisa mengantarkan seseorang ke dalam surga

Rasulullah berkata kepada Bilal
“Wahai Bilal, kenapa engkau mendahuluiku masuk surga? Aku tidaklah masuk surga sama sekali melainkan aku mendengar suara sendalmu di hadapanku. Aku memasuki surga di malam hari dan aku dengar suara sendalmu di hadapanku.”

Jawaban Bilal,
"Wahai Rasulullah, aku biasa tidak meninggalkan shalat dua raka’at sedikit pun. Setiap kali aku berhadats, aku lantas berwudhu dan aku membebani diriku dengan shalat dua raka’at setelah itu.” (HR. Tirmidzi )

Maukah kalian aku tunjukkan suatu amalan yang dengannya Allah akan menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajatnya! Para shahabat berkata: “Tentu, wahai Rasulullah. Kemudian Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Menyempurnakan wudhu’ walaupun dalam kondisi sulit, memperbanyak jalan ke masjid, dan menunggu shalat setelah shalat, maka itulah yang disebut dengan ar ribath.
Source: HR.Muslim

Membersihkan Dosa

Source: bersamadakwah.net

Manusia bukanlah makhluk sempurna yang jauh dari dosa.

Sampai diriwayatkan dalam satu hadist bahwa dengan berwudhupun noda-noda dosa dibersihkan.

"Apabila seorang muslim atau mukmin berwudhu’ kemudian mencuci wajahnya, maka akan keluar dari wajahnya tersebut setiap dosa pandangan yang dilakukan kedua matanya bersama air wudhu’ atau bersama akhir tetesan air wudhu’. Apabila ia mencuci kedua tangannya, maka akan keluar setiap dosa yang dilakukan kedua tangannya tersebut bersama air wudhu’ atau bersama akhir tetesan air wudhu’. Apabila ia mencuci kedua kaki, maka akan keluar setiap dosa yang disebabkan langkah kedua kakinya bersama air wudhu’ atau bersama tetesan akhir air wudhu’, hingga ia selesai dari wudhu’nya dalam keadaan suci dan bersih dari dosa-dosa.”
Source: HR.Muslim

Wallahu 'alam bishawab.
Semoga kita tergolong orang-orang yang dimudahkan dalam menjaga wudhu.

Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Related Tags
Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS