1270
  2016-11-14       www.dakwatuna.com

Tips Agar Nasihat Tak Buat Sakit Hati

Saling menasihati dalam kebaikan memang dianjurkan dalam agama Islam. Namun, tahukah Anda dalam menasihati tersebut ada caranya? Terutama bagaimana caranya hingga isi nasihat yang disampaikan jangan membuat sakit hati orang yang Kita nasihati. Biar cara ataupun isi nasihat Kita tak buat sakit hati orang lain, yuk Kita simak tipsnya;

Fi'it Rachmawati 183 views

1. Gunakan Perkataan yang Baik dan Santun

Salah-satu cara menasihati yang baik diantaranya dianjurkan untuk menggunakan perkataan atau bahasa yang baik dan santun, baik itu saat menasihati teman, kolega ataupun saudara.

Jangan sampai saat menasihati justru mengeluarkan kata-kata yang menyakiti orang yang Kita nasihati. Maka dari itu, jangan asal menasihati orang lain.

Sebagaimana menurut Ulama Zae Nandang dalam salah-satu acara Kajian Islam di Bandung belum lama ini, Dia mengatakan cara menasehati baik kepada sesama umat Islam maupun yang bukan Islam haruslah baik, dan terutamanya harus menggunakan metode, tidak asal menasehati.

“Sehingga yang menerima nasihat tersebut tidak akan sakit hati, apalagi menolaknya.” tuturnya, Bandung, belum lama ini.

2. Jangan Memberikan Nasihat di Depan Umum

Selain itu, sebaiknya pilihlah ruang yang privat atau hindari menasihati di depan umum untuk menghindari orang yang Kita nasihati tersebut merasa malu ataupun merasa terhina.

3. Nasihat dengan Contoh itu Lebih Baik

Kemudian, cara menasihat yang dinilai paling ampuh adalah menasihati dengan contoh terlebih dahulu, karena orang akan melihat dan terinspirasi atas contoh baik yang Kita lakukan.

4. Landasi dengan Niat yang Baik bukan Sebaliknya

Disamping itu, sebaiknya landasi niat menasihati yang Anda lakukan dengan niat yang baik bukan karena berniat ingin menyakiti ataupun menghinda orang lain.


Jadi, moeslema, memang sangat baik jika Kita sesama umat Islam saling menasihati, tetapi jangan sampai orang yang dinasihati tersebut sakit hati ya.

Fi'it Rachmawati Fi'it Rachmawati
Word Worker
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Related Tags
Curator Introduction
Fi'it Rachmawati
Fi'it Rachmawati
Word Worker

no comments

Follow Moeslema on SNS