1269
  2016-11-09       wartakesehatan.com

Bahaya Mengkonsumsi Cabai yang Sering Terabaikan

Cabai sering kali dianggap sebagai penambah nafsu makan seseorang. Namun tahukah kalian jika cabai memiliki efek samping yang sangat berbahaya bagi kesehatan kalian. Simak ulasannya berikut ini.

Deane Lene 228 views

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki ciri khas dalam masakannya yaitu menggunakan berbagai macam bumbu rempah untuk membuat suatu masakan. Selain itu Indonesia juga dikenal sebagai negrara dengan berbagai macam makanan dengan cita rasa pedas sebagai nilai jualnya. Tentunya untuk menciptakan sebuah masakan dengan cita rasa pedas, orang Indonesia menggunakan cabai sebagai bahan utamannya dibandingkan dengan lada sebab cabai merupakan salah satu bahan yang memiliki cita rasa unik dan mudah didapatkan.

Walaupun harga cabai seringkali melonjak tajam dipasaran, para penjaja makanan yang menawarkan cita rasa pedas ini tidak pernah merasa takut untuk terus berjualan. Pasalnya cita rasa pedas tidak pernah kehilangan pasarnya meski harga cabai di pasar melonjak tajam. Para penikmat cita rasa pedas ini mayoritas perempuan. Moeslemates, pernahkah kalian melihat seseorang saat makan menggunakan banyak sekali cabai? Pernahkah terpikirkan bahwa dia yang mengkonsumsi akan terkena efek samping dari mengkonsumsi cabai yang terlalu banyak? Efek samping apa saja yang ada pada cabai? Mungkin kalian beranggapan bahwa cabai hanya sekedar cabai yang tidak memiliki efek samping. Jangan salah ya moeslemates..... Kondisi terburuk dari efek samping dari cabai dapat berujung kematian.

Berikut ini adalah efek samping yang sering dirasakan setelah mengkonsumsi cabai namun sering dibaikan bagi sebagian orang:

Area Mulut

Ini adalah bagian yang akan terpapar pertama kali pada saat kalian terlalu banyak mengkonsumis cabai berelebihan. Tentunya kalian mengkonsumsi makanan pedas dengan kondisi makanan saat panas.

Pada bagian bibir seringkai kalian merasakan merah dan terasa kebas. Biasanya kalian akan menganggap ini adalah salah satu hal yang wajar namun tahukah kalian bahwa kondisi ini disebabkan karena adanya pembengkakan pembuluh darah.

Pada bagian lidah seringkali kalian merasa mati rasa. Pada sebagian orang menganggap ini adalah hal yang masih bisa dimaklumi karena mereka merasa bahwa ketika lidah mati rasa akibat terpapar makanan yang panas namun sebenarnnya hal tersebut tidak tepat. Kenyataannya adalah lidah yang mati rasa diakibatkan oleh rasa panas yang berasal dari cabai itu sendiri bukan dari suhu makanannya. Rasa panas yang berasal dari cabai sangat kuat sehingga mampu melumpuhkan indera perasa (lidah) kita. Hal terburuk dari mati rasa pada bagian lidah ini adalah ambang toleransi mengkonsumsi cabai akan terus meningkat. Peningkatan ambang toleransi tersebut akan berdampak buruk pada bagian organ tubuh bagian dalam.

Pada bagian gigi, sering kali tidak disadari oleh banyak orang. Bagi mereka cita rasa pedas akan hilang setelah beberapa jam setelah mengkonsumsi makanan tersebut. Namun pada kenyataannya dapat menginfestasikan akibatnya beberapa tahun setelahnya. Gigi yang sering terpapar oleh makanan dengan cita rasa pedas dan dalam keadaan panas akan menimbulkan kerusakan gigi yang tidak disadari namun sdikit demi sedikit akan terus berkembang. Terkikisnya bagian email gigi atau lapisan terluar gigi mampu menyebabkan gigi menjadi sensitif dan tentunya semakin tipis lapisan semakin terasa ngilu saat kali mengkonsumsi makanan baik panas maupun dingin.

Jangan remehkan timbulnya sariawan pada bagian mulut. Sering kali kalian beranggapan bahwa mengkonsumsi cabai saat sariawan adalah vitamin C yang alami dan sangat ampuh untuk meredakan sariawan. Namun kenyataannya ini adalah hanya sekedar anggapan saja. Kenyataanya ketika kalian sariawan, dan terdapat luka di beberapa bagiannya kemudian kalian mengkonsumsi makanan pedas, ini akan menimbulkan iritasi. Bisa jadi sariawan yang semula hanya ada pada bagian tertentu akan timbul di bagian yang lainnya. Semakin banyak sariawan yang timbul semakin banyak iritasi yang akan terjadi dibagian mulut kita. Apabila keadaan ini tidak diperhatikan dengan baik tentunya akan berakibat buruk.

Dari beberapa penelitian dan studi kasus dari berbagai belahan dunia mengatakan bahwa luka pada sariawan yang terpapar vitamin C dari cabai secara berlebihan dapat menjadi mainfestasi yang buruk. Bisa jadi kondisi ini awal mula dari bibit kanker. Jadi harus waspada ketika kalian memiliki sariawan yang redan dan kemudian muncul di tempat yang sama dalam waktu yang cukup lama, segeralah pergi untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah kemungkinan terburuk yang akan terjadi.

Area Kerongkongan

Pada bagian kerongkongan, bagi sebagian orang yang tidak tahan dengan rasa pedas akan menyebabkan kerongkongan terasa terbakar dan tidak sanggup untuk berbicara bahkan untuk sekedar bernapas pun mereka tidak sanggup. Ini sangat berbahaya sekali sebab ketika seseorang kesulitan untuk bernapas, mereka bisa kelihilangan kesadarannya.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa iritasi pada bagian kerongkongan dapat menimbulkan kematian sesaat pada beberapa kasus.

Area Lambung

Okey... Bagi sebagian orang sudah mengetahui bahwa efek samping dari cabai ada pada lambung. Namun sudah tahu apa saja yang dapat terjadi didalam lambung?

Pertama, Iritasi pada lambung. Iritasi pada lambung disebabkan oleh terlalu banyaknya kandungan vitamin C yang dibawa oleh cabai. Secara alamiah vitamin C sangat dibutuhkan bagi tubuh namun jika terlalu banyak akan berdampak sebaliknya. Vitamin C akan menggerus dinding lambung sehingga menimbulkan iritasi pada lambung.

Kedua, Maggh kronis. Iritasi pada lambung adalah awal dari maggh kronis. Lambung yang luka akan menurunkan fungsi kerja lambung dalam memilah dan memilih bahan makanan mana yang diperlukan dan yang tidak diperlukan untuk tubuh. Gejala penyakit maggh adalah sering merasa mual, muntah, perut kembung yang disertai dengan diare.

Ketiga, Kebocoran lambung. Ini adalah keadaan yang sangat kritis bagi lambung. Terpaparnya lambung dengan zat asam secara terus menerus dapat menggerus dinding lambung yang lama kelamaan akan menipis hingga berlubang. Kebocoran lambung dapat sangat berbahaya bagi tubuh kita. Tidak menutup kemungkinan keadaan ini dapat berujung kematian jika tidak diatasi dengan cepat dan tepat.

Area Pembuangan

Source: doktersehat.com

Ini adalah salah satu hal yang harus kalian ketahui bahwa, salurang pembuangan akan sangat terganggu ketika kalian mengkonsumsi cabai terlalu banyak. Pada bagian saluran pembuangan, khusunya pada bagian anus akan terasa panas setelah mengeluarkan sisa makanan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh setelah mengkonsumsi makanan pedas.

Selain itu, keadaan akan semakin terlihat buruk jika timbulnya hemorrhoid (ambeien). Jika hemorrohid berada didalam dan tidak teralu besar, maka keadaannya tidak akan mengganggu namun beda keadaanya jika hemorrohid ini muncul pada bagian bibir anus atau sampai keluar. Kalian akan merasa kesulitan untuk duduk dengan tenang karena rasanya sungguh menyakitkan. Tidak menutup kemungkinan bahwa hemorrohid akan mengeluarkan darah dan nanah.

Nah.... Hal-hal diatas adalah beberapa efek samping dari mengkonsumsi cabai secara berlebihan. Jadi pastikan kalian mengkonsumsinya dengan porsi yang cukup bahkan seminimalisir mungkin jika kalian peduli dengan kesehatan kalian saat ini dan dimasa yang akan datang. Seimbangkan konsumsi cabai dengan makanan berserat dan air mineral yang cukup agar pencernaan kalian tetap terjaga.

Disarankan kalian membuat jadwal mengkonsumsi makanan pedas atau memiliki batasan untuk mengkonsumsinya seperti misalnya kalian hanya mengkonsumsi makanan pedas selama seminggu sekali atau jika kalian tidak bisa terlepas dari makanan pedas, buatlah aturan setiap kali makan, kalian hanya boleh menggunakan sambal/saus pedas hanya satu sendok makan saja tidak lebih. Walaupun awalnya terasa sangat sulit, jika bersabar dan telah berkomitmen demi kebaikan diri sendiri maka lama kelamaan kalian akan terbiasa dengan keadaan ini.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS