1264
  2016-11-09       aramenyembuhkanpenyakitt.wordpress.com

Yuk Tahu Lebih Mengenai Penebalan Dinding Rahim


Triwitaan 143 views

Apa itu penebalan dinding rahim?

Penebalan dinding rahim atau hiperplasia endometrium adalah peningkatan ketebalan lapisan jaringan rahim internal karena paparan berlebihan dan hormon estrogen, sehingha embrio (sampai usia kehamilan akhir minggu ke-7) yang akan membenamkan dirinya menjadi janin (fetus), setelah usia kehamilan minggu ke 8 lapisam dinding rahim (endrometrium) sulit menempel.

"Gangguan yang disebut dengan penebalan dinding rahim ini disebabkan oleh paparan hormon yang berlebihan tanpa diimbangi oleh ketersedian hormon progesteron yang cukup. Ketidakseimbangan hormonal itu karena faktor intrinsik seperti kegemukan atau ekstrinsik seperti pemberian obat terapi sulih hormon."
Source: Dr.Showfal widad SpOG, dokter spesialis kebidanan dan kandungan RSKIA Sadewa/Permata Hati Sarjono, Yogyakarta kepada SmartLiving.

Apakah gangguan penebalan dinding rahim dapat menyebabkan keguguran pada kehamilan?

Bila estrogen merangsang dinding rahim secara berlebihan akam menyebabkan dinding rahim menjadi lebih tebal. Hal tersebut merupakan kelainan, tentu dapat mengakibatkan keguguran yang berulang.

Gugurnya kandungan sering dikaitkan dengan hal yang sepele, kerap dianggap kebetulan. Padahal tidak selalu demikian. Menurut dr.Kanadi Sumapraja, SpOG, MSc, dokter speasialis kebidanan dan kandungan Depatemen Obstetri dan Ginekologi FKUI-RSCM, Jakarta, angka kejadian keguguran spontan di populasi berkisar 15-29 % untuk seluruh kehamilan.
Source: (Kompas, 12 November 2009).

Benerkah haid berat sebagai salah satu gejala yang diperlu diwaspadai?

Source: caramengatasipenebalandindingrahimblog.wordpress.com

Mungkin sebagian wanita tidak pernah berpikir bahwa kelainan yang terjadi pada saat haid, memungkinkan bisa menjadi pemicu terjadinya masalah pada saat mengalami kehamilan. Dinding rahim yang lebih tebal dari biasanya sering menjadi alasan penyebab sebagian wanita mengalami menorrhagia, haid lebih berat yang menimbulkan sakit dan jumlah pendarahan haid yang lebih banyak dari biasanya dibandingkan dengan wanita lain pada umumnya. Pendarahan hebat pada saat haid juga dengan siklus yang tidak teratur. Patut diwaspadai dan harus segera diperiksakan untuk mengetahui masalah yang terjadi. Bisa jadi menjadi pemicu penebalan dinding rahim (hiperplasia) atau yang berbahaya, seperti fibroir (tumor jinak) dan endoketriosis.

Siapa yang berisiko?

Source: dokterharry.com

1. Sekitar usia menopause.

2. Didahului dengan terlambat haid atau amenorrea.

3. Obesitas (konversi perifer androgen menjadi estrogen. dalam jaringan lemak.

4. Penderita Diabetes Melitus.

5. Penggunaan estrogen dalam jangka panjang tanpa. disertai pemberian progestin pada kasus menopause.

6. Penderita polycystic ovarian syndrome.

7. Pemderita tumor ovarium dari jenis granulosa theca cell tumor.

Triwitaan
Triwitaan
Writer, Nutrition Addict, Konference Journalist Addict, F...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Triwitaan
Triwitaan
Writer, Nutrition Addict, Konference Journalist Addict, Food Fadism, Student, Medical E...

no comments

Follow Moeslema on SNS