2016-06-13    

Diary Ramadhan #4 Lebih dekat dengan Keluarga CSR


Desi Fajarwati Lesmana 11 views

Assalamualaikum Wr. Wb

Hay gengs masih pada sehat kan ? atau ada yang lagi sakit ? aku daoakan cepet sembuh ya amiin.

Kali ini, aku mau berbagi nih soal keluarga baruku yaitu CSR (Campus Social Responsibilty). CSR merupakan program yang dirilis ¾ tahunan oleh pemerintah kota Surabaya. Nah buat para mahasiswa/i yang beruntung bisa lolos dan jadi peserta program ini bisa Free KKN, nah gimana gak seru nih program pemkot heheheh.

Aku sedih nih karena aku merasa belom terlalu klop dengan CSR UINSA, aku ngerasa setiap kumpul bareng mereka serasa orang asing yang tak pernah diperdulikan #eaaa alay ya, padahal mungkin kesalahanku sendiri aku gak sberapa berbaur dengan mereka. Ya nggak semuanya juga, mungkin ada beberapa yang sudah akrab dan sudah seperti teman biasanya. Tapi ada juga yang masih kadang krik krik gitu. Tapi, mungkin kami semua butuh waktu untuk saling menyesuaikan ya. Mungkin.

Alhamdulillah, Kamis 4 Ramadhan lalu, Dinas Sosial mengundang kami untuk evaluasi plus berbuka bersama di kantor Dinas Sosial yang berada di Villa Kali Judan. Karena kebiasaan setiap ada kumpul aku dan salah satu temenku sebut saja citra tak pernah tepat waktu, jadinya pas kmaren ada info akan buka bersama dalam hati sudah memberi isyarat untuk tidak terlambat lagi. Maluu hehehe. Ya walaupun di tempat titik kumpul belum ada satu pun yang datang aku beryukur karena alarm dalam diri sudah tepat pada sasaran, karena terlalu giat dan tak mau terlambat aku segera mengirim pesan singkat di group Whatsapp memberitahukan titik kumpul dan membuat keributan di grup agar yang lain segera datang.

Singkat cerita, setelah sudah beberpa yang datang dan cukup banyak akhirnya kami tidak banyak bicara dan memutukan untuk berangkat menuju lokasi. Setelah sampai di lokasi ternyata kami datang teapat waktu ya taulah waktu indonesia masih sepi hihihih. Tapi itu bukan jadi ketakutan atau sebuah hal yang perlu kita telusuri lebih dalam hahaha yang terpenting kami sudah sampai ditempat :P. Karena kami merasa belum banyak orang yang datang lebih baik sholat ashar terlebih dahulu. Karena aku masih belom bersih dari datang bulan ya aku tunggu mereka didepan masjid sambil bercurhat-curhat ceria dengan teman-teman. Disinilah aku bisa megenali satu persatu kawanku sesama CSR. Bersyukur banget bisa lebih dekat dengan mereka melalui program ini.

Waktu untuk sholat ashar cukup akhirnya kami memutuskan untuk segera merapat ke ruang utama untuk berkumpul menjadi satu kawan-kawan CSR dari berbagai kampus. Wah, pas kami sudah sampai ternyata sudah banyak yang datang dan untungnya acara evaluasi belum dimulai. Tak lama kami duduk akhirnya evaluasi pun dimulai. Mulai dari pembukaan dari bapak dinsos, kemudian pembukaan dari Ibu koor program CSR dan pemilik usaha yang ingin bekerja sama dengan program CSR. Setelah berlama-lama mendegarkan curhatan para peserta CSR akhirnya ibu koor memerintahkan kami untuk berkumpul sesuai kecamatan kami. Nah disini aku gak suka, selalu setiap kumpul dengan satu kecamatan yang sudah pasti tidak hanya dari satu kampus saja aku selalu merasa bosan, karena lagi lagi mungkin ini kesalahanku yang tidak mau berbaur dengan mereka. Jadi, aku gak lama gabung bersama mereka dan kembali diposisi awal kedatangan duduk diantara teman-teman CSR satu kampus huhuhu. Agak sedih sih karena aku yang selalu diabaikan oleh para peserta yang lain~

Tapi yasudahlah, adzan maghrib berkumandang teriakan kegembiraan bersautan dari temen-temen yang sudah kelaparan hehehe. Karena sudah mengambil bagian makanan masing-masing dengan sautan canda tawa kami bersama-sama menyantap makanan yang ada dihadapan kami. Yap!! Disinilah kedekatan kami terlihat dengan jelas, dan aku sudah gak ngerasa diabaikan atau merasa sendirian sudah gak galau ceritanya nih wkwk. Sudah mulai berbaur bukan hanya dengan yang perempuan yang laki-laki pun sudah mencair ada beberapa yang kadang mulai membully dan menertawakan setiap apa yang aku kerjakan. Ada yang sekedar ketawa ada yang sekedar membully untuk dijadikan bahan lelucon. Yah bahagialah pokoknya !!
 

Dan hari itu, kami harus berpisah karena waktu yang memaksa kita untuk kembali pulang ke tempat masing-masing. Ketika yang lain sudah pulang aku harus mengantarkan temanku untuk mendapatkan kejelasan adik asuhnya. Akhirnya aku bertemu dengan kakak satgas yang bernama mas irwan lagi, ups gak ada laginya namanya irwan aja hehehehe. Ya setelah temenku mendapatkan data adek asuhnya beserta alamat lengkap kami mau mengundurkan diri eh ada kakak satgas yang lain menghampiri kami dan bertanya-tanya soal sarjana theologi -_-. Dalam batinku kok kakak ini tau sih klo kita berdua yang nantinya mendapat gelar S.ThI atau hanya kebetulan aja. Ya gak mau taulah heheheh mungkin aja kebetulan. Nah setalah mereka kakak-kakak satgas bertanya soal gelar eh merembet bertanya soal hal-hal yang berbau agama astaga kita salah tempat kalo mau berdiskusi soal ini mending diluar aja deh begitu ajakanku. Dan mereka sepertinya sangat senang bisa berbagi ilmu dengan kita berdua, tapi sayang diskusi yang mau kita laksanakan malam itu harus cancel karena tempat yang kakak satgas mau ajukan untuk berdiskusi terlalu jauh sedangkan waktu sudah semakin malam, akhirnya kita berdua bilang kalo kapan-kapan saja ada waktu luang kita gunakan untuk bertukar pikiran hehehehe. Sayang sekali. Tapi tak apalah karena ke-kepoan mereka jadi kita bisa sedikit berdakwah menyampaikan apa yang kita tahu walaupun hanya 1 huruf ya bukannya sok mau kayak ustadzah sih tapi lebih tepatnya biar ilmu yang kita punya bermanfaat lah ya dan gak hanya berhenti di otak kita.

Terimakasih lagi lagi dan lagi yang tak terhingga kepada siapapun kalian dan dimanapun yang sudah memberikan kesempatan untuk menjadi bagian dari keluarga CSR!!. Terlebih kepada Allahku yang selalu memberikan sesuatu yang tak terhingga  yang dengan kekuasaan-Nya aku mendapat secuil kebahagiaan. Yang nantinya, cuilan-cuilan kebahagiaan itu menjadi kumpulan yang kemudian menjadi bentuk yang sempurna. Mungkin saja berbentuk cinta atau kasih. Ah itu sama sajalah aku sudah tidak perduli, karena dengan aku bergabung disini aku mulai belajar banyak hal mulai dari kesabaran hingga menghargai waktu.

Tak ada yang bisa menggambarkan kebahagiaanku di hari itu, bisa semakin dekat dengan kelurga baru yang nantinya setahun kedepan aku akan terus berinteraksi dengan mereka untuk menjalankan setiap program kerja kami di CSR.

Aku sudahi dulu ya perjalanan ramadhan kali ini, semoga besok masih diberi kesehatan dan kekuatan untuk menuliskan perjalanan Ramadhan yang luar biasa ini. Amiin.

Terimakasih ya untuk siapa saja yang mau membaca ini hihiihi.

Wassalamualaikum.

Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Related Tags
Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS