1254
  2016-11-04    

Menikmati Nasubutung di Pulau Masalembu

Nikmatnya Nasubutung hangat di Pulau, buat pecinta pisang wajib coba

anifahambali 96 views

 

Berkunjung ke tempat baru rasanya belum afdhol jika tidak mencicipi kuliner khasnya. Di Pulau Masalembu, Sumenep ini di diami oleh penduduk banyak dari suku Bugis dan Madura. Perbedaan ini membuat pulau ini menjadi berwarna. Banyak rumah adat sulawesi yang berjajar menjadi khas Pulau Masalembu. Sehingga tak heran jika mudah menemukan masakan khas Sulawesi sebagai makanan khas di daerah ini.

Setelah perjalanan kurang lebih 2 jam dari Pulau Masakambing ke Pulau Masalembu menaiki kapal kecil nelayan. Kepala rasanya pusing karena gelombang ombak yang cukup besar, sekaligus perut kosong kelaparan. Sudah jelas butuh kuliner khas yang bisa memanjakan lidah dan perut.

Salah satu menu pencuci mulut yang saya coba saat perjalanan Ekspedisi Nusantara Jaya 2016 adalah Nasubutung atau biasa di kenal dengan nama palu butung, yang juga menjadi makanan khas dari kota Makassar. Saya menikmati Nasubutung ini dalam keadaan hangat. Dan rasanya itu sangat enak dari Nasubutung atau yang bisa di kenal palu butung yang saya makan di jawa.

Kuah lembut dan tidak terlalu manis dengan sajian hangat membuat rasa Nasubutung ini nagih di lidah. Makanan ini sangat saya rekomendasikan bagi para pecinta pisang ya?. Karena Nasubutung ini walau tidak saya nikmatin langsung di Sulawesi, tapi yang memasak menu ini adalah orang dari suku Bugis juga yang tinggal di Pulau Masalembu, jadi untuk komposisinya tidak ada yang berkurang.

Kalau dari Surabaya ke Sulawesi mungkin cukup jauh ya jika hanya mencari makanan khas suku Bugis. Untuk itu cukup naik kapal dengan tiket kapal yang sangat terjangkau kantong sekitar Rp. 50.000,- dari pelabuhan perak Surabaya menuju pulau Masalembu, dan nikmati ragam kuliner khas dari tangan orang-orang Bugis langsung. Serta nikmatin Nasubutung hangat atau yang suka dingin bisa di tambah batu es. Lalu menyantapnya di tepian pantai.

 

anifahambali
anifahambali
Santri, 🎓 S.I.Kom Owner @songiea @hellotea_sby On social ...
Like our facebook page if you like this article!
Category: RECIPE&CULINARY


Related Tags
Curator Introduction
anifahambali
anifahambali
Santri, 🎓 S.I.Kom Owner @songiea @hellotea_sby On social project @mbc_indonesia Writer...

no comments

Follow Moeslema on SNS