1249
  2016-11-07       cintanabimuhammadsaw.files.wordpress.com

5 Pola Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW

Beberapa sunnah yang dijabarkan di bawah ini wajib kamu jadikan kebiasaan baik untuk pola hidup sehat ala Rasulullah SAW.

Lidya O. 315 views

1. Minyak Zaitun

“Makanlah kalian buah zaitun, minyak zaitun, dan gunakan menggosok (mengoles) dengan minyak zaitun, sesungguhnya ia adalah dari pohon yang diberkahi.” (HR.Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Minyak zaitun yang disebut juga olive oil dalam bahasa Inggris ini artinya kira-kira adalah minyak kehidupan. Minyak ini digunakan untuk melumasi urat syaraf supaya lentur dan hangat. Ibnul Qayyim dalam kitab Zadul Ma’ad berkata, “Minyak zaitun bisa menutup pori-pori tubuh dan mencegah zat yang masuk melaluinya. Jika digunakan setelah mandi air panas, minyak zaitun akan memperbaiki dan melembabkan badan. Jika digunakan sebagai minyak rambut, akan menjadikan rambut indah dan panjang. Minyak ini juga berkhasiat untuk mengobati campak dan berbagai penyakit lainnya.”

Nah, sekarang sudah tidak ada keraguan lagi bukan untuk memakai minyak zaitun? Banyak sekali manfaat yang didapatkan jika kita meminum dan memakainya di tubuh. Nabi Muhammad SAW pun sangat menyukai minyak kehidupan ini. Yuk kita biasakan untuk mengganti parfum kita dengan minyak zaitun agar tidak begitu tercium menyengat.

2. Manfaat Sujud Dalam Gerakan Shalat

Walaupun mungkin masih banyak dari kita yang belum menyadari manfaat dari gerakan shalat, tidak ada salahnya jika kita mencaritahu apa saja manfaat tersebut.

Pada saat sujud, pembuluh darah nadi naik, dikunci di pangkal paha sehingga tekanan darah akan lebih banyak dialirkan kembali ke jantung dan dipompa ke kepala. Apabila disertai dengan menarik napas dalam-dalam, ditahan, kemudian ditekuk untuk sujud hingga terasa aliran darah ke kepala selama mungkin akan memaksimalkan aliran darah dan oksigen ke otak atau kepala, mata, telinga, leher, pundak dan hati. Bukankah ini tehnik yang luar biasa untuk membongkar sumbatan pembuluh darah jantung sehingga mencegah koroner? Dan bukankah ini cara yang luar biasa untuk membiasakan pembuluh darah halus di otak untuk mendapat tekanan lebih sehingga mencegah stroke?

“Keadaan paling dekat seorang hamba dari Rabbnya adalah ketika dia dalam keadaan sujud, maka perbanyak doa (di dalamnya).” (HR. Muslim)

Selain baik untuk kesehatan, sujud ini pun akan membuatmu lebih dekat kepada Allah.

3. Mengapa Shalat Malam Baik Untuk Kesehatan?

“Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan dan sholatlah ketika manusia terlelap tidur pada waktu malam niscaya engkau akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah)

Cuaca pada malam hari biasanya dingin atau lembab, banyak lemak jenuh yang melapisi syaraf kita menjadi beku. Sehingga kalau tidak segera digerakkan, sistem pemanas tubuh tidak aktif dan syaraf menjadi kedinginan. Bahkan kolesterol dan asam urat berubah menjadi pengapuran. Lagipula, kebanyakan tidur juga akan menyebabkan tubuh tidak sehat. Coba bandingkan bagaimana pola hidup sehat orang yang menghidupkan sepertiga malamnya dibandingkan dengan orang yang senang tidur sampai menjelang pagi.

4. Kuku Sebagai Penetralisir Zat Tanduk

"Ada 5 macam fitrah, yaitu: khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak." (HR. Bukhari Muslim)

Tahukah kamu bahwa salah satu dari sunnah Rasulullah SAW adalah memotong kuku? Bagaimana akibatnya jika kamu tetap memelihara kuku yang panjang?

Hukum memanjangkan kuku pada pria maupun wanita adalah makruh menurut kebanyakan ulama. Karena jika terus membiarkan kuku panjang lebih dari 40 hari maka hanya akan memberikan mudhorot saja. Kuku yang panjang akan sulit dibersihkan, kuman akan lebih mudah masuk dan saat kamu makan dengan tangan, maka penyakit akan masuk bersamaan dengan makananmu. Sedangkan seperti yang kita ketahui bahwa tumbuhnya kuku tangan lebih cepat daripada kuku kaki. Andai pun kamu memelihara kuku kaki hingga 2-5 cm, maka akan sangat memungkinkan terjadi luka pada kaki atau lecet pada saat berjalan dengan sepatu.

Dan satu lagi yang perlu kita ketahui: Apa akibatnya jika kecepatan penumpukan bahan baku kuku lebih cepat dibandingkan kecepatan memanjangnya kuku? Asam urat dan kolesterol dalam pipa darah akan meningkat, lengan akan kaku, bahkan jika terlalu tinggi asam uratnya, akan terjadi benjolan seperti tulang di pangkal lengan, bahkan di permukaan kulit.

5. Menggunakan WC Jongkok

Aisyah RA berkata, “Barangsiapa yang menceritakan kepada kalian bahwa Nabi SAW buang air kecil sambil berdiri, maka janganlah kalian percaya. Beliau tidak pernah buang air kecil kecuali sambil duduk.” (HR. Tirmidzi).

Jika kita perhatikan masih banyak sekali WC duduk yang ada di gedung-gedung perkantoran, mal, atau hotel-hotel. Padahal jika kita ketahui sebenarnya BAB atau kencing di WC duduk kurang baik bagi kesehatan. Pada buku yang berjudul "Mukjizat Gerakan Shalat" oleh Dr. Sagiran menyatakan bahwa dengan menggunakan WC jongkok, maka dengkul, pinggang dan betis akan menjadi kuat. Sebaliknya, jika terbiasa dengan WC duduk, dengkul dan pinggang akan menjadi statis dan bahkan melemah dalam jangka waktu yang lama.

Dilihat dari segi medis, BAB dengan posisi jongkok dapat mencegah terjadinya kanker usus besar seperti penjelasan gambar di samping. Pada posisi duduk, maka usus bagian bawah akan tertekuk sehingga proses pembuangan tidak dapat berlangsung secara efektif tanpa mengejan. Sedangkan jika kita mengejan sambil menahan napas, maka akan meningkatkan tekanan dalam usus bagian bawah. Kemudian pada akhirnya akan menyebabkan pembengkakan pembuluh darah.

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS