1205
  2016-11-01       i.ytimg.com

Cara Mudah Mengurus Bebas Visa Ke Jepang

Pergi ke Jepang kini nggak perlu visa!

Airin Karima Ahmad 346 views

Khusus untuk kamu yang ingin jalan-jalan ke Jepang, Indonesia mendapatkan hak eksklusif dari pemerintahan Jepang, yaitu BEBAS VISA untuk warga negara Indonesia yang telah memiliki e-paspor! Kalau sebelumnya untuk membuat visa diperlukan proses yang cukup rumit dan berbagai dokumen yang harus disiapkan untuk pengajuannya, kini tidak perlu repot lagi! Cukup daftarkan e-paspor kamu ke Kedutaan Besar Jepang atau Konsulat Jepang yang ada di Indonesia dan kamu bisa pergi ke Jepang tanpa harus repot-repot mengurus visa!

Paspor elektronik (e-paspor) sebenarnya memiliki bentuk hampir sama dengan paspor biasa. Namun perbedaannya, pada e-paspor terdapat chip yang ditanam di cover depan. Chip ini berisi data biometrik pemilik paspor. Data biometrik yang tersimpan di dalam chip e-paspor antara lain data biometrik wajah dan data biometrik sidik jari.

E-paspor memberikan beberapa keuntungan lebih bagi pemiliknya yaitu:

1. E-paspor sangat sulit untuk dipalsukan atau disalahgunakan oleh orang lain, karena memiliki chip yang tertanam di dalam paspor. Sehingga paspor ini lebih aman dibandingkan dengan paspor biasa.

2. Khusus di Jakarta dan Bali, pemegang e-paspor tidak perlu lagi mengantri di pintu pemeriksaan imigrasi. Pemegang e-paspor dapat langsung menggunakan autogate untuk men-scan paspornya dan terbang ke negara tujuan. Jadi, tidak perlu lagi melewati proses pemeriksaan manual dari petugas bandara Indonesia. Hal ini tentu akan mempersingkat waktu ketika hendak bepergian.

Tata cara membuat e-paspor

Untuk sementara ini pembuatan e-paspor hanya bisa dilakukan di DKI Jakarta, Batam dan Surabaya.

Di Daerah DKI Jakarta tepatnya kamu bisa mengurus e-paspor di Kantor Imigrasi Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Tanjung Priok dan Soekarno-Hatta. Untuk daerah Batam di Kantor Imigrasi Batam dan untuk Surabaya di Kantor Imigrasi Kota Surabaya.

Dokumen yang harus kamu siapkan untuk membuat e-paspor :
• Kartu Tanda Penduduk
• Akte Kelahiran
• Kartu Keluarga
• Ijazah
• Surat Rekomendasi (Untuk kamu yang domisilinya di luar Jabodetabek. Surat ini harus ditandatangani oleh atasan dan dibubuhi cap perusahaan)
• Pernyataan Paspor Baru (Bagi Pemohon Perpanjangan Paspor diharapkan membawa Paspor Lama. Kamu bisa mendapatkan Lembar Pernyataan Paspor Baru bermaterai di koperasi kantor imigrasi setempat dengan membayar sebesar Rp7.500)

Bawalah semua dokumen di atas (sesuai dengan kriteria pemohon) beserta fotokopiannya. Yang sangat penting untuk diketahui, semua dokumen di atas HARUS DIFOTOKOPI DI KERTAS A4.

Informasi Penting Tentang E-Paspor
- Pembuatan e-paspor hanya dapat dilakukan dengan permohonan WALK-IN saja, untuk sementara tidak dapat dilakukan secara online.
- Pembuatan e-paspor tidak dapat diwakilkan oleh siapapun, kecuali pada saat pengambilan dapat diwakilkan dengan surat kuasa bermaterai.

Tahapan membuat e-paspor:

1. Mendapatkan nomor antrian
Usahakan datang lebih awal untuk mendapatkan nomor antrian awal. Kalau memang diperlukan untuk mendapatkan pelayanan nomor pertama anda bisa datang jam 4 atau jam 5 pagi. Kebanyakan orang yang ingin membuat paspor sudah datang sebelum Subuh demi mendapatkan nomor antrian awal.

2. Menerima arahan dari petugas
Setelah gerbang dibuka, petugas akan memberikan arahan kepada masing-masing pendaftar. Petugas akan mengurutkan barisan, memberikan pengarahan, mencocokan data dokumen dengan KTP, serta memeriksa kelengkapan dokumen. Setelah itu, petugas akan membagikan nomor antrean. Kemudian kita akan diminta menuju ke ruang tunggu untuk menunggu panggilan sesuai dengan nomor antrian yang diberikan.

3. Melakukan proses wawancara dan pengambilan foto
Cukup jawab dengan jujur pertanyaan yang diajukan oleh petugas. Jangan menjawab dengan ragu karena dapat membuat permohonan e-paspor kamu mungkin dapat ditolak. Setelah proses wawancara selesai, kamu akan melakukan pengambilan foto dan scan sidik jari.

4. Melakukan pembayaran ke Bank BNI
Setelah semua proses selesai, petugas akan memberikan blanko pembayaran ke bank BNI. Biaya pembuatan e-paspor adalah Rp655.000,-. Batas waktu yang diberikan untuk melakukan pembayaran adalah paling lambat 7 hari. Setelah melakukan pembayaran, simpan bukti pembayaran tersebut untuk proses pengambilan e-paspor.

5. Mengambil e-paspor
Pembuatan e-paspor kurang lebih membutuhkan waktu 4 hari kerja setelah proses pembayaran dilakukan. Untuk mengambil e-paspor yang sudah jadi, serahkan bukti pembayaran ke petugas dan tunggu panggilan dari petugas untuk menerima e-paspor kamu!

Selamat, kamu telah berhasil membuat e-paspor! E-paspor kamu memiliki masa berlaku 5 tahun dengan jumlah halaman sebanyak 48 halaman.

Mengurus Bebas Visa untuk pergi ke Jepang

Perbedaan e-paspor dengan paspor biasa.

Tahapan untuk mengurus Bebas Visa ini amatlah mudah:

1. Datang ke Kedutaan Besar Jepang pukul 8 pagi. Jangan lupa bawa KTP karena nantinya akan ditukar dengan visitor card untuk masuk kedalam.

2. Siapkan e-paspor dan formulir ‘Registration Form for Visa Waiver to Enter Japan’ yang telah kamu isi (formulir ini tersedia di kedutaan). Kemudian datangi mesin tiket antrian dan pencet tombol untuk mendapatkan nomor antrian loket A (Loket B untuk urusan imigrasi warga negara Jepang yang berada di Indonesia).

3. Jika nomor antrean kamu sudah dipanggil, serahkan e-paspor dan formulir permohonan bebas visa. Setelah itu kamu akan menerima tanda pengambilan e-paspor. Simpan baik-baik tanda tersebut untuk mengambil e-paspor kamu.

4. Bebas Visa akan kamu dapatkan dalam waktu 2 hari. Untuk pengambilannya dapat diwakilkan oleh siapa saja, selama membawa tanda pengambilan e-paspor. E-paspor dapat diambil mulai pukul 1 siang hingga 3 sore.

Kemudahan yang kamu dapatkan apabila mengurus Bebas Visa untuk pergi ke Jepang antara lain: Tidak perlu memiliki tabungan berpuluh-puluh juta, tidak perlu memiliki tiket pesawat terlebih dahulu yang merupakan salah satu syarat utama mengajukan visa untuk pergi ke Jepang, dan masa berlaku yang lumayan panjang yaitu 3 tahun.

Sebagai penggemar travelling, e-paspor ini bikin hidup makin mudah banget! Mulai dari nggak perlu repot-repot antri di pemeriksaan imigrasi, sampe bisa bikin Bebas Visa untuk pergi ke Jepang! Yuk beralih ke e-paspor sekarang juga!

Airin Karima Ahmad Airin Karima Ahmad
Graphic designer
Like our facebook page if you like this article!
Category: TRAVEL


Curator Introduction
Airin Karima Ahmad
Airin Karima Ahmad
Graphic designer

no comments

Follow Moeslema on SNS