1200
  2016-11-01       gaijinpot.scdn5.secure.raxcdn.com

Checklist Untuk Travelling ke Jepang

Checklist penting mengenai apa yang harus kamu bawa untuk travelling ke Jepang.

Airin Karima Ahmad 304 views

Yuk intip checklist mengenai apa saja yang harus kamu persiapkan sebelum berangkat travelling ke Jepang!

Carry-On Checklist

Paspor Republik Indonesia

PASPOR & VISA:

- Pastikan masa berlaku paspor kamu minimal 6 bulan
- Kalau kamu menggunakan paspor reguler, pastikan kamu apply visa maksimal 1 minggu sebelum hari keberangkatan karena proses bikin visa Jepang makan waktu 4 hari. Visa bisa di apply 3 bulan sebelum keberangkatan, as long as kamu sudah punya tiket pesawat. Biaya visanya Rp330.000.
- Kalau kamu menggunakan paspor elektronik (e-paspor), kamu tinggal mendaftarkan paspor kamu ke kedutaan Jepang untuk diberi waiver visa yang berlaku untuk 15 hari kunjungan selama 3 tahun. Proses pendaftaran waiver visa makan waktu selama 2 hari. Kalo visa yang ini, tidak dipungut biaya alias gratis.

TIKET PESAWAT:

- Siapkan tiket pesawat pulang pergi. Kalau yang menggunakan paspor reguler dan apply visa secara manual, biasanya tidak akan ditanyai lagi tiket pesawatnya. Namun, kalau kamu menggunakan waiver visa, biasanya akan disuruh menunjukkan tiket pulang.
- Kalau kamu membeli dengan sistem electronic ticket, pastikan batere smartphone kamu tidak habis sebelum menunjukkan tiket saat masuk ke imigrasi ya!

UANG YEN:

- Tukarlah uang yen sejak dari Indonesia. Dan jangan khawatir kalau kamu tidak mendapat tukaran receh (Di money changer biasanya yang banyak stoknya hanya 10.000 yen). Kamu bisa menggunakan uang 10.000 yen tersebut (yang notabene berarti sekitar Rp1.300.000, hahaha) itu untuk belanja di convenience store seperti Lawson atau Family Mart. Orang Jepang nggak akan marah kok dikasih uang dengan nominal besar walaupun kita belanjanya nggak lebih dari 500 yen ;)

PANDUAN BAHASA:

- Catat kata-kata yang sekiranya dapat membantu kamu di notes smartphone kamu. Lebih baik lagi kalau kamu bawa phrasebook yang isinya percakapan sehari-hari, baik itu e-book maupun buku cetak.

TRAVEL CHARGER:

- Sebelum kita sampai hotel, biasanya kita belum sempat men-charge smartphone kamu karena harus mengurus banyak hal. Sangat disarankan membawa power bank untuk saat-saat seperti ini.
- Bawa international plug-in karena colokan listrik Indonesia dan colokan listrik Jepang berbeda.

KAMERA:

- Bawa kamera, baterai cadangan, memori card cadangan, dan mini tripod dalam satu tas yang bisa satu kali angkut kemana-mana (mungkin kalau terasa repot, tripodnya bisa dipisah).

ALAT TULIS:

- Bawalah pulpen, spidol kecil, atau pensil yang bisa digunakan untuk menulis di kertas. Benda ini sangat membantu ketika kita mengambil peta gratis yang biasanya tersedia di stasiun dan ingin menandai tempat-tempat tujuan-tujuan kita.

EXTRA:

- Tisu kering, tisu basah, hand sanitizer, permen, kaus kaki, serta parfum yang travel size.

Baggage Checklist

Selalu periksa kebijakan bagasi pesawat kamu. Terakhir kali aku pergi ke Jepang pakai JAL, batas maksimal berat bagasinya 23 kg dan bisa di-spread menjadi 2 tas/koper. Kalau kamu pakai budget airlines, biasanya aturannya lebih strict.

PAKAIAN:

Bawalah pakaian secukupnya dan sesuai musim. Cek kondisi cuaca Jepang jauh-jauh hari.

- Kalau kamu pergi seminggu bawalah :
• 3 kaus
• 3 atasan (ini maksudnya kemeja atau luaran semacam outer atau cardigan)
• 2 celana panjang,
• 4 set pakaian dalam
• 3 pasang kaus kaki
• 1 set pakaian tidur
• 1 jaket waterproof/windproof
• 1 sepatu
• 1 sandal.
- Kalau malas bawa terlalu banyak pakaian dari Indonesia, kamu juga bisa beli baju di toko-toko seperti Uniqlo atau GU sesampainya di Jepang karena harganya disana murah.

OBAT-OBATAN:

- Paracetamol, plester luka, koyo (penting banget karena kamu akan banyak jalan kaki selama di Jepang)
- Obat-obatan pribadi. Contohnya, untuk mengatasi nyeri haid yang suka datang mendadak, aku selalu bawa cataflam kemana-mana.

PERALATAN MANDI:

- Bawa peralatan mandi kemasan travel kit (Tapi kalau mau beli di Jepang juga nggak apa-apa sih, banyak drugstore yang jual toiletries dengan harga terjangkau).

Transportation Checklist

JR PASS:

- Kalau kamu berencana pindah-pindah kota menggunakan shinkansen, belilah JR Pass. Tapi perlu diingat, JR PASS tidak bisa dipakai untuk naik kereta Nozomi. Hanya bisa untuk kereta shinkansen Hikari, dan kereta ini hanya tersedia sampai pukul 4 sore. Jadi, pintar-pintar atur jadwal ya!

LOCAL TRANSPORT

- Kalau kamu pergi ke beberapa kota, siapkan kartu transportasi (IC Card) sesuai Perfecture yang mau kamu datangi.

IC cards are rechargeable cards that can be used to conveniently pay fares on public transportation and to make payments at a rapidly increasing number of vending machines, shops and restaurants by simply touching the card on a reader for about one second. More than two dozen train and bus operators across Japan have started issuing their own IC cards since 2001.

• Tokyo: Suica, PASMO
• Osaka, Kyoto, Hiroshima: ICOCA, PiTaPa
• Nagoya: Toica, Manaca
• Hokkaido: Kitaca
• Kyushu: Sugoca
• Fukuoka: Nimoka, Hayakaken

Airin Karima Ahmad
Airin Karima Ahmad
Graphic designer
Like our facebook page if you like this article!
Category: TRAVEL


Curator Introduction
Airin Karima Ahmad
Airin Karima Ahmad
Graphic designer

no comments

Follow Moeslema on SNS