1196
  2016-12-07       dok.SafiraAlKhansa

Ulasan Film HOME

Pernahkah kalian terpisah dari keluarga kalian? Bagaimana rasanya jauh dari orang-orang yang kalian cintai? Inilah kisah Tip untuk menemukan kembali keluarga yang sempat terpisah.

Safira Al Khansa 81 views

Assalamualaikum, Moeslemates!

Source: dok.Safira Al Khansa

Kali ini aku mau kasih ulasan tentang film yang baru saja aku tonton. Judulnya HOME. Film yang digarap oleh Dreamworks ini diproduksi pada tahun 2015 lho moeslemates. Awalnya mau nonton karena iseng aja, abisnya moeslemates tau sendiri di saluran tv kita menayangkan sinetron-sinetron yang menurutku gak mendidik banget. Jadi daripada ikutan pusing, mendingan aku nonton film aja deh. Hehe (maaf ya jadi curhat). Aku ingat kalau adikku memberiku beberapa film kartun. Semua koleksi kartun dari adikku sudah aku tonton semua, yang tersisa hanyalah HOME ini. Jadilah aku menontonnya.

Dari segi gambar, sumpah ini gambarnya bagus banget, alias ga aneh secara grafisnya. Soalnya kadang aku gak suka sama beberapa film kartun yang menurutku gambarnya jelek (uups, maaf ya cuma bisa komen aja) hihi. Mendengar suaranya aku penasaran, karena aku seperti sudah familiar dengan suara tokoh utamanya. Ternyata benar, yang mengisi suara untuk tokoh utama bernama Tip itu adalah Rihanna lho moeslemates, dan yang mengisi suara ibunya Tip itu Jennifer Lopez. So, karena aku dah sering nonton film barat jadi aku ‘ngeh’ sama suaranya. Daaaan... aku gak nyesel nonton film ini. Banyak pesan yang diberikan dan membuat aku sadar akan pentingnya sebuah keluarga dan orang-orang tercinta yang ada di sekitar kita. Penasaran gak moeslemates? Langsung saja yuk!

Film HOME ini menceritakan tentang kisah persahabatan manusia dengan seorang alien yang mempunyai sebutan Boov. Di awal cerita, ada seorang Boov yang sangat mengganggu dan tidak pernah melakukan segala sesuatunya dengan benar. Para Boov lain menamakan dia dengan nama Oh. Oh Tidak punya teman. Karena Boov memang tidak berteman satu sama lain. Oh ini berbeda dengan Boov lain, Oh selalu ingin berteman dan merasa kesepian jika sendiri. Maka dari itu ia mencari cara agar dapat berteman. Tetapi karena alasan itulah ia mendapatkan masalah.

Source: dok.Safira Al Khansa

Boov ini adalah alien yang mengambil alih kehidupan di bumi. Lalu mereka (Boov) membuatkan sebuah tempat sendiri khusus untuk manusia tinggal yang mereka namakan dengan sebutan “Happy Human Town”. Sedangkan, gedung-gedung yang sudah manusia bangun selama ini dijadikan tempat tinggal oleh Boov. Saat evakuasi yang dilakukan oleh Boov terjadi, seorang anak bernama Gratuity Tucci atau yang dipanggil Tip terpisah dari ibunya. Lalu, dari sekian banyaknya manusia di kota itu, hanya Tip lah yang tidak terevakuasi dan dia bersembunyi agar tidak dipindahkan oleh Boov. Oia, Tip ini tidak sendirian lho Moeslemates. Dia ditemani oleh seekor kucing bernama Pig.

Source: dok.Safira Al Khansa

Cerita mulai memasuki konflik ketika apartemen yang dihuni oleh Tip dimasuki oleh Boov. Tip kabur bersama Pig dari apartemennya menggunakan mobil ibunya. Bersamaan dengan itu, Oh mulai membuat masalah dengan mengirimkan pesan berisi undangan pesta di rumahnya ke seluruh Boov. Tentu saja hal ini dilarang karena musuh terbesar mereka yaitu Gorg akan mengetahui keberadaan mereka dengan melacaknya melalui GPS. Hemm, mereka canggih ya moeslemates. :D

Seperti yang aku bilang tadi, Boov mempunyai musuh bernama Gorg. Setiap kali Boov pindah ke tempat baru pasti Gorg akan datang dan memusnahkan tempat mereka. Tidak pasti kapan hal ini dimulai, yang jelas alasan Boov pindah ke bumi adalah untuk menghindari dan bersembunyi dari Gorg. Tip dan Oh bertemu di sebuah swalayan ketika sama-sama sedang bersembunyi, mereka dicari oleh Boov. Oh dijadikan tahanan karena bertanggungjawab akan pesan yang ia kirim kepada Gorg. Sedangkan, Tip tidak ingin ditemukan oleh Boov. Ia ingin mencari ibunya sendiri.

Source: dok.Safira Al Khansa

Kisah persahabatan pun dimulai, awalnya Tip sangat membenci Oh, karena Oh adalah Boov. Menurut Tip, Boov lah yang menyebabkan ia dan ibunya terpisah. Mereka berdebat akan hal itu. Namun, Oh meyakinkan Tip bahwa ia akan menemukan dan mempersatukan Tip dengan ibunya. Ternyata Oh berbohong, ia mengatakan demikian agar dizinkan masuk dan ikut Tip kabur menggunakan mobilnya. Namun, benar pepatah yang mengatakan “Tak kenal maka tak sayang” hal itulah yang terjadi pada mereka berdua. Karena sudah mengenal satu sama lain, mereka menjadi saling mengenal kepribadian satu sama lain. Lambat laun, niat Oh untuk sekedar kabur pun surut. Setelah urusannya yang berhubungan dengan pesan berisi ajakan pesta itu sudah diselesaikan. Oh pun tetap menepati janjinya untuk mengantarkan Tip pada ibunya, yang setelah dilacak berada di Australia. Asal Moeslemates tahu saja, tempat tinggal Tip itu ada di Amerika. Jadi mereka mencari ibunya melewati perjalanan yang cukup jauh menggunakan mobil ibunya Tip yang sudah dimodifikasi oleh Oh menjadi mobil terbang.

Source: dok.Safira Al Khansa

ini dia si Gorg

Saat perjalanan menuju Australia, tiba-tiba ada Gorg yang menyerang. Tip dan Oh heran, karena pesan ajakan pesta yang diberikan Oh ketika itu sudah dimusnahkan. Lalu, apa yang membawa Gorg datang ke bumi?! Setelah melalui peristiwa yang mendebarkan akhirnya mereka tiba di Australia tempat “Happy Human Town” berada. Di saat Tip turun dari mobilnya untuk mencari ibunya, Oh melihat kapal Boov (semacam ufo) datang untuk menyelamatkan para Boov untuk pergi dari bumi karena Gorg sudah tahu keberadaan Boov. Oh mengajak Tip untuk ikut bersamanya dan pergi meninggalkan bumi, tetapi Tip menolak karena ia tahu ibunya masih berada di bumi dan ia harus menemukan ibunya. Lalu, mereka berpisah. Tip sangat kecewa dan marah pada Oh karena tidak menepati janjinya untuk menemukan ibunya dan malah lari menyelamatkan dirinya sendiri.

Sesampainya di kapal Boov, kericuhan terjadi dan Oh mengatakan segala sesuatu yang ia pelajari dari bumi dan dari seorang manusia tentang indahnya kebersamaan. Tentang pentingnya sebuah keluarga. Karena omongannya itulah para boov lain merasa tersentuh dan mengangkat Oh menjadi kapten para Boov. Mungkin kalau diumpamakan mirip presiden di kita ya moeslemates? Hihi Cuma bedanya Boov ini gak pake pemilu :D

Di kapal setelah pengangkatan dirinya menjadi kapten, Oh terlihat sedih dan bahkan menangis (sesuatu yang tidak pernah dialami oleh Boov sebelumnya). Ia teringat pada Tip, Pig, dan kenangan mereka ketika bersama menghadapi berbagai peristiwa selama perjalanan mereka. Oh memutuskan kembali ke bumi dan menepati janjinya pada Tip. Tip yang pasrah dan menangis karena tidak dapat menemukan ibunya dibuat kaget oleh kehadiran Oh. Mereka pun mencari ibunya Tip. Setelah dilacak melalui alat semacam GPS Oh dan Tip bertemu dengan Ibunya Tip. Diiringi backsound yang membuat aku terharu banget melihatnya nih moeslemates. Hiks hiks

Di tengah kebahagiaan itu, Oh mengatakan bahwa kapal induk milik Gorg ternyata datang ke bumi untuk menghancurkannya. Lalu Oh menyadari satu hal, bahwa selama ini Gorg tidak salah. Bukan Gorg yang jahat karena sudah menindas kaum Boov, tetapi karena Boov mengambil sesuatu milik Gorg yang membuat Gorg marah dan mencarinya kemana-mana. Di sinilah moeslemates, adegan dramatis dimulai.

Saat Oh ingin memberikan kembali milik Gorg, kapal induk Gorg menimpanya karena telat untuk berhenti. Tip yang melihat itu, langsung terdiam dan menangis. Ia berpikir bahwa ia kehilangan sahabatnya, Oh. Tetapi keajaiban pun datang ternyata Oh selamat.

Lalu mereka bersama-sama mengembalikan sebuah batu (benda yang diinginkan Gorg selama ini) kepada Gorg. Moeslemates tahu apa isi batu itu? Yaapp, isi batu itu adalah janin dari ratusan Gorg lainnya. Karena ternyata Gorg itu hanya sendirian, ia berpikir kalau tidak ada batu itu, maka musnahlah spesiesnya. Maka dari itu ia mencari-cari batu itu hingga terlihat sangat kejam dan jahat.

Nah gimana nih moeslemates, ceritanya seru kan? Pelajaran yang bisa kita ambil banyak banget. Contohnya seperti yang terjadi pada Tip maupun Gorg, mereka akan sangat marah karena merasa orang yang dicintainya telah diambil oleh orang lain. Mereka dapat menjadi gugup, tidak rasional, dan keras. Hal itu bukan karena mereka jahat, tetapi karena mereka sedih dan tidak tahu harus berbuat apa. Dari film ini aku belajar, bahwa orang-orang yang kita sayangi jauh lebih berharga dibandingkan apa pun. Terutama keluarga. Ibu, ayah, adik, kakak merupakan orang-orang yang kita sayangi. Entah apa jadinya jika kita sampai berpisah dengan mereka. Maka dari itu nih moeslemates, mulai sekarang hargai apa yang ada di sekitar kita yuk! Bersyukur dengan apa yang sudah kita punya. Berbahagialah karena masih diberikan kenikmatan oleh Allah SWT untuk berkumpul dengan keluarga kita. Semoga kita dapat berkumpul kembali di Jannah bersama keluarga kita. Aamiin..

Sekian dulu ya moeslemates, ulasan film dari aku. Sampai jumpa di tulisan lain.

Safira Al Khansa
Safira Al Khansa
"So which of the favors of your Lord would you deny?"
Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Curator Introduction
Safira Al Khansa
Safira Al Khansa
"So which of the favors of your Lord would you deny?"

no comments

Follow Moeslema on SNS