1160
  2016-10-30       ibnuabbaskendari.files.wordpress.com

Jangan Lupa Baca Al-Kahfi Di Hari Jum'at

Keutamaan membaca Surah Al-Kahfi.

Lidya O. 217 views

Hari Jum'at adalah hari yang baik dalam Islam. Begitu pun juga beberapa amalan khusus yang diwajibkan dan disunnahkan di hari Jum'at. Salah satunya adalah membaca Surah Al-Kahfi.

Membaca Surah Al-Kahfi adalah sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis sore sampai terbenamnya matahari pada hari Jum'at.

Keutamaan Membaca Surah Al-Kahfi

Mungkin ada beberapa dari kita yang masih belum memahami keutamaan membaca Surah Al-Kahfi di hari Jum'at. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Pancaran Cahaya Di Antara Dua Jum'at

Di antara keutamaan surah al-Kahfi adalah Allah akan memberikan cahaya penerangan terhadap kalbunya.

Dalam riwayat lain masih dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu 'anhu,

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ أَضَآءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

"Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum'at." (HR. Al-Hakim: 2/368 dan Al-Baihaqi: 3/249)

2. Diampuni Dosa

Allah akan mengampuni dosa hamba-hamba-Nya yang bersungguh-sungguh memohon ampun dan mengamalkan isi kandungan surah Al-Kahfi.

Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jum'at.”

Al-Mundziri berkata: hadits ini diriwayatkan oleh Abu Bakr bin Mardawaih dalam tafsirnya dengan isnad yang tidak apa-apa.

3. Menangkal Fitnah Dajjal

Dajjal adalah seburuk-buruknya makhluk yang pernah ada. Beberapa ada yang meriwayatkan bahwa ia bermata satu dengan kulit warna merah. Dajjal ini nantinya akan muncul ke permukaan bumi dengan membawa fitnah bagi manusia. Salah satu keutamaan membaca surah Al-Kahfi adalah untuk menghindarkan kita dari fitnah Dajjal.

Imam Muslim meriwayatkan dari hadits al-Nawas bin Sam’an yang cukup panjang.

“Maka barangsiapa di antara kamu yang mendapatinya (mendapati zaman Dajjal) hendaknya ia membacakan atasnya ayat-ayat permulaan surat al-Kahfi.”

Dalam riwayat Muslim, dari Abu Darda’ radhiyallahu 'anhu, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

“Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari permulaan surat al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.”

Imam Nawawi berkata,

“Sebabnya, karena pada awal-awal surat al-Kahfi itu tedapat/berisi keajaiban-keajaiban dan tanda-tanda kebesaran Allah. Maka orang yang merenungkan tidak akan tertipu dengan fitnah Dajjal."

Surah Al-Kahfi: Qari Fatih Seferagic

Beberapa di antara qari yang saya favoritkan, saya merekomendasikan Fatih Seferagic untuk recitation of Qur'an. Suaranya yang khas dan merdu membuat setiap ayat Al-Qur'an yang dibacakan terasa begitu menyentuh.

Lidya O. Lidya O.
Sedang berusaha berhijrah dan fokus pada artikel Islam.
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


no comments

Follow Moeslema on SNS