1159
  2016-11-14       2.bp.blogspot.com

Bernostalgia Dengan Bermain Congklak

Akhir-akhir ini saya lagi rindu masa kecil bermain congklak. Pasti kalian pernah main congklak, kan?

Lidya O. 102 views

Permainan tradisional seakan mulai meluntur dari budaya Indonesia yang diterapkan masyarakat akhir-akhir ini. Beruntungnya, sebagai generasi 90-an, saya masih bisa menikmati beberapa permainan tradisional yang salah satunya adalah congklak. Jika dibandingkan dengan permainan anak-anak sekarang mungkin congklak tidak begitu digemari lagi. Namun, tidak ada salahnya kan jika kita kembali bernostalgia dengan bermain congklak seperti di era 90-an lagi?

Sejarah Congklak

Congklak adalah permainan yang dikenal dengan berbagai macam nama di seluruh nusantara. Papan congklak yang digunakan juga memiliki berbagai jenis dan ragam model dan jenis bahannya. Sedangkan biji congklaknya bisa menggunakan cangkang keras.

Di Jawa, congklak memiliki nama lain yaitu dakon atau dakonan. Di daerah Sumatera mereka lebih mengenal dengan sebutan congkak. Kemudian, di Lampung mereka menyebutnya dengan dentuman lamban. Sedangkan di Sulawesi memiliki beberapa nama di antara lain mokaotan, maggaleceng, aggalacang, dan nogarata. Wah, ternyata banyak juga ya nama lainnya congklak ini.

Jenis Papan Congklak

Jenis-jenis papan congklak yang diperjualbelikan di Indonesia biasanya paling banyak yang terbuat dari kayu dan ukiran yang sangat indah. Seperti gambar di bawah ini.

Papan congklak yang satu ini mirip dengan hewan burung ya Moeslemates? Selain itu ada kakinya pula! Terlihat begitu elegan dan pasti harganya pun mahal.

Source: linikini.id

Ada juga papan congklak yang dihiasi desain batik di seluruh badan papannya.

Dan yang satu ini adalah yang paling unik dari papan congklak yang terbuat dari kayu. Saya suka banget perpaduan warna-warninya yang menarik dan enak dipandang. Untuk bijinya pun mengikuti warna papannya. Hm, sepertinya biji congklaknya mirip dengan permen di Petualangan Sherina ya Moeslemates?

Cara Bermain

Ayo tantang diri kamu seberapa jauh kamu lupa dengan cara bermain congklak. Kamu bisa langsung coba mainkan dengan lawan main. Saya jamin, pasti semuanya masih ingat deh! Karena permainan ini tidak begitu sulit dan bisa dimainkan mulai dari anak kecil sampai orangtua bahkan lansia.

Congklak Saya

Source: Photo © Lidya Oktariani

Beberapa hari yang lalu saya melihat di dekat rumah ada yang menjual congklak plastik berwarna biru. Berhubung sekarang papan congklak susah sekali dicarinya, jadi saya beli deh dengan harga Rp. 20.000,-.

Source: Photo © Lidya Oktariani

Karena papannya dari plastik, tentu bijinya juga dari plastik. Tapi saya lebih prefer bermain congklak dengan biji asli dari cangkang seperti gambar di samping ini.

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

1 comments

Tata
Tata 2017-04-23 16:53:35

halo mba , mau tanya kalau mau beli berbagai jenis coklak yang terbuat dari kayu ataupun model lain seperti di gambar mbak dimana ya cari nya. makasih

Follow Moeslema on SNS