1158
  2016-10-30       www.seputarkucing.com

Sterilisasi Kucing Betina

Kenapa kucing betina harus disteril?

Lidya O. 3,928 views

Kalian pasti sering mendengar kata "steril" pada kucing betina, bukan? Nah, kalian tahu tidak bahwa steril pada kucing betina itu sangat penting untuk menghindari si empus terus berkembang biak di rumah kamu. Beberapa poin yang perlu kamu ketahui tentang sterilisasi terutama pada kucing betina bisa kamu simak di bawah ini.

Apa Itu Steril?

Sterilisasi adalah mengangkat organ reproduksi pada kucing baik itu betina maupun jantan. Kalau jantan biasa disebut "kebiri". Dan untuk betina adalah "steril". Nah, proses sterilisasi ini dilakukan oleh dokter hewan dengan dibius terlebih dahulu. Kemudian, kucing yang sudah disteril biasanya tidak sadarkan diri dan perlu melakukan recovery agar bisa kembali beraktivitas.

Syarat Steril

Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter hewan yang kamu percayakan untuk mengetahui apa saja yang perlu disiapkan dan diperhatikan sebelum sterilisasi. Dan akan lebih bagus jika kamu ikut bergabung di forum atau komunitas yang bisa memberikan informasi seputar steril kucing dan cara perawatannya. Dengan banyaknya informasi yang didapatkan, kamu jadi bisa lebih yakin untuk melakukan steril pada kucing betina kamu. Dan berikut adalah syarat-syarat untuk mensterilkan kucing betina.

1. Kucing betina minimal berusia 6 bulan.
2. Kucing betina dalam kondisi yang sehat dan bugar.
3. Kucing betina tidak sedang mengandung.
4. Pemilik kucing menandatangani surat persetujuan operasi.

Manfaat Steril

Source: nextranks.com

Banyak manfaat yang didapatkan dengan kamu mensterilkan kucing betina kamu. Apalagi untuk kasus yang tidak bisa merawat anak-anak kucing lebih dari 2 ekor. Akan sangat tidak baik jika kamu tidak mampu merawat semua anak-anaknya tapi kamu memaksakan diri dengan tidak mensterilkan kucing betinamu. Padahal yang kita tahu, kucing betina yang sehat akan melahirkan terus. Dan bagaimana denan anak-anaknya yang tidak sanggup kita rawat semua secara bersamaan? Itulah mengapa dibutuhkan steril pada kucing betina.

Beberapa di antara manfaat steril pada kucing adalah sebagai berikut.

1. Membantu kucing hidup lebih lama hingga 2-3 tahun dalam keadaan yang sehat.
2. Berguna untuk menghindari resiko kucing terkena penyakit kanker rahim dan menghapus resiko kematian setelah melahirkan.
3. Mengurangi agresifitas kucing dan resiko menggigit kepada kucing atau manusia.
4. Mengontrol kucing untuk tidak berkembang biak secara terus menerus.
5. Mencegah wabah rabies dan penyebaran penyakit lainnya.
6. Membuat kucing tidak mudah keluar rumah untuk menarik perhatian pejantan agar dikawinkan.
7. Membuat kucing lebih berisi dari sebelumnya dengan pola makan yang harus diperhatikan juga.
8. Membuat kucing lebih tenang, manja, mudah diatur dan betah di rumah.

Perawatan Setelah Steril

Hal penting yang perlu diingat pasca penyembuhan adalah jangan memandikan kucing sampai luka benar-benar menutup.

Untuk menjaga jahitan operasi agar tidak dibuka oleh kucing, sebaiknya pakaikan kucing kamu ecollar yang bisa didapatkan di Pet Shop terdekat.

Sama seperti manusia, kucing yang habis dioperasi juga akan terlihat lemas dan tidak boleh banyak bergerak, terutama melompat dan aktivitas lainnya. Jangan ajak mereka main secara ekstrim pasca penyembuhan ya.

Pusat Informasi Sterilisasi Hewan

Kamu bisa langsung berkunjung ke alamat website di bawah ini untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar sterilisasi kucing.

Tahukah Kamu?

Source: www.jejamo.com

Dan tahukah kamu mengapa kucing jantan yang tidak dikebiri cenderung nakal? Mereka yang tidak dikebiri memiliki keinginan besar untuk menjelajah, berpetualang, sehingga wajar tidak pulang ke rumah sampai berhari-hari, pipis sembarangan, bahkan sampai berkelahi dan menyebabkan luka yang parah. Oleh karena itu, baik betina dan jantan memiliki manfaat yang baik untuk psikologi maupun kesehatan kucing dari dalam.

Lidya O. Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS