1157
  2016-10-29       www.anneahira.com

8 Budaya Indonesia Yang Mendunia

Indonesia memiliki kebudayaan yang beragam dari Sabang sampai Merauke. Nah, kebudayaan apa saja ya yang sudah dikenal warga negara asing?

Lidya O. 560 views

Halo Moeslemates! Sebagai warga negara Indonesia, sudah sepatutnya kita berbangga karena beberapa kebudayaan di bawah ini sudah dikenal oleh masyarakat luar terutama negara-negara tetangga. Penduduknya padat, kepulauan yang begitu beragam, bahasa daerah yang berbeda-beda, budaya di masing-masing pulau pun berbeda dan berbagai keunikan lain yang menggambarkan bahwa walaupun beda kita tetap satu, yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Itulah Indonesia. Dan kamu wajib mengetahui budaya di negerimu sendiri agar suatu hari kelak kamu bisa mengenalkan kepada dunia luar bahwa Indonesia adalah negara yang wajib mereka kunjungi!

1. Lagu Rasa Sayange

Moeslemates tahu lagu Rasa Sayange ini berasal dari daerah mana? Hayo?

Yap! Rasa Sayange adalah lagu yang berasal dari Provinsi Maluku. Lagu tersebut terus dinyanyikan sebagai pengungkapan rasa sayang dan persaudaraan di antara masyarakat Maluku. Dan kalau kita perhatikan liriknya seperti pantun ya Moeslemates?

2. Tari Kecak

Tari Kecak merupakan pertunjukan dari Bali yang dilakukan secara massal yang melibatkan drama seperti cerita pewayangan Rama dan Sinta. Tari Kecak ini disebut "Kecak" karena para penari menyebutkan "cak cak ke cak cak ke" sambil mengangkat tangan ke atas dan duduk memutar.

3. Wayang

Wayang sudah dikenal sejak zaman prasejarah sekitar 1500 SM. Pertunjukan wayang sudah diakui UNESCO sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity pada 7 November 2003. Ada beberapa wayang yang wajib kita kenal di antaranya wayang kulit yang berbahan dasar kulit sapi, wayang golek yang berbahan dasar kayu, dan ada pula wayang orang yang dimainkan secara langsung oleh orang dengan memakai kostum. Cerita yang dibawakan mengisahkan tentang Dewa-Dewi, persilatan, percintaan dan kepahlawanan.

4. Angklung

Angklung adalah salah satu jenis alat musik tradisional yang masih dikenal dan dipelajari oleh banyak wisatawan asing. Alat musik jenis ini dibuat dari bambu dan dimainkan dengan cara digetarkan sehingga pipa-pipa bambu tersebut menghasilkan nada. Kalau dilihat dengan seksama, sepertinya memainkan angklung ini cukup susah ya Moeslemates? Kalau kamu sendiri, pernah coba main angklung tidak?

5. Batik

Source: www.pixoto.com

Batik sudah tidak lagi asing di seluruh penjuru dunia. Semua orang mengenal batik dan bahkan menjadikannya sebagai ciri khas budaya Indonesia yang banyak dicari untuk keperluan fashion. Batik dihasilkan dengan cara menuliskan lilin panas ke kain dengan menggunakan canting. Untuk corak dan motifnya, biasanya menggambarkan tentang alam dan dinamikanya. Para pelukis batik pun tidak bisa sembarangan membatik karena nilai yang terkandung di dalam batik itu sendiri sangat tinggi.

6. Tari Saman

Siapa yang tidak kenal dengan tarian yang berasal dari Aceh ini? Tari Saman mulai banyak dikenal dan dipelajari oleh siswa-siswi SMP maupun SMA di Indonesia. Beberapa literatur mengatakan bahwa tarian tersebut merupakan tarian yang unik karena menonjolkan gerak tepuk tangan, kecepatan dan anggota tubuh bagian atas. Kalau kamu ingin belajar tarian ini siap-siap untuk fokus berkonsentrasi karena semakin lama semakin cepat gerakannya.

7. Tari Pendet

Tari Pendet merupakan tarian yang awalnya adalah bentuk pemujaan yang dipertunjukkan di pura. Namun, seiring berjalannya waktu tarian ini pun sedikit berubah menjadi tarian ucapan selamat datang yang ditampilkan di Bali.

8. Reog Ponorogo

Kalau kita perhatikan baik-baik pertunjukkan Reog Ponorogo yang berasal dari Jawa Timur ini, sosok yang ditampilkan seperti perpaduan antara hewan dan kemistikan yang kuat ya Moeslemates? Adegan Reog sendiri tidak memiliki skenario yang teratur. Biasanya, Reog Ponorogo tampil pada acara pernikahan, khitanan, dan hari-hari besar lainnya.

Lidya O. Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS