1153
  2016-10-29       static.republika.co.id

Mengenal Ragam Beras Jepang

Beras Jepang merk apa saja sih yang dijual di Indonesia?

Lidya O. 1,318 views

Beras Jepang memang terkenal sangat enak dan lembut. Harganya juga jauh berbeda dari beras Indonesia. Umumnya, beras Jepang cenderung bulat atau short grain rice yang memiliki bulir pendek sehinga tidak perlu diolah lagi. Beberapa di antara merk beras Jepang yang terkenal di Indonesia adalah sebagai berikut.

1. Akitakomachi

Akitakomachi adalah jenis beras dari benih padi Prefektur Fukui yang dikawinsilangkan di Prefektur Akita. Kandungan airnya tinggi sehingga tetap menempel meski sudah dingin. Beras jenis ini biasanya digunakan untuk membuat sushi, onigiri dan mochi karena kekenyalannya. Beras Akitakomachi merk Kome-oh dijual dengan harga Rp. 185.000,- per 2 kg.

2. Hitomebore

Source: j-cul.com

Beras Hitomebore memiliki tekstur yang lengket dan lembut. Beras ini dikembangbiakkan di Prefektur Miyagi. Sama dengan Akitakomachi, beras ini juga biasa digunakan sebagai nasi putih, sushi dan onigiri. Hitomebore dijual dengan harga Rp. 247.000,- per 2 kg.

3. Kagayaki

Source: j-cul.com

Beras jenis ini memiliki cita rasa yang manis, aroma yang sedap, bertekstur kenyal dan sedikit lengket. Beras ini cocok dijadikan nasi putih yang dimakan bersama daging atau sushi. Kagayaki dijual seharga Rp. 134.000,- per 2,5 kg.

4. Koshihikari

Source: j-cul.com

Koshihikari yang artinya "cahaya Koshiki" adalah beras yang paling populer di Jepang. Beras ini memiliki rasa manis seperti kacang dan lengket sehingga cocok untuk sushi. Butirannya sangat transparan dan mengkilat sehingga disebut "cahaya Koshiki". Beras ini dijual dengan harga Rp. 187.500,- per 5 kg.

5. Tamanishiki

Beras Tamanishiki adalah kombinasi dari beras Koshihikari dan Yume Gokochi sehingga menghasilkan rasa dan tektur yang nikmat. Beras ini dijual dengan harga Rp. 388.500,- per 5 kg.

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS