1135
  2016-10-25       theintellectualist.co

Bandung Resmi Larang Penggunaan Styrofoam

Pemerintah Kota Bandung resmi melarang penggunaan styrofoam terhitung pada 1 November mendatang.

Lidya O. 210 views

Di beberapa kota di penjuru dunia sudah memberlakukan pelarangan penggunaan styrofoam. Dan kota pertama di Indonesia yang akhirnya resmi melarang pemakaian styrofoam adalah Kota Bandung. Selain berpengaruh buruk pada kesehatan, sampah styrofoam kerap menjadi penyebab utama banjir di Bandung.

"Styrofoam berbahaya untuk kesehatan apabila banyak digunakan untuk kemasan makanan dan minuman. Dalam kandungan styrofoam itu ada zat kimia, kalau dia menguap bisa kanker bagi yang makan." ungkap Ridwan Kamil.

Bahaya Penggunaan Styrofoam

Mengapa styrofoam berbahaya bagi tubuh?

Styrofoam terbuat dari butiran-butiran styrene yang diproses dengan menggunakan benzene. Sedangkan benzane termasuk zat yang bisa menimbulkan banyak penyakit.

Saat benzene termakan, maka ia akan masuk ke dalam sel darah dan merusak sumsum tulang belakang. Akibatnya muncullah penyakit anemia dan efek lainnya sistem imun akan berkurang sehingga kita mudah terinfeksi.

Penyakit lainnya yang akan terjangkit pada wanita yaitu memiliki pengaruh buruk terhadap siklus menstruasi dan mengancam kehamilan. Serta dapat menyebabkan kanker.

Pengganti Styrofoam

Jika sudah mengetahui bahaya penggunaan styrofoam pada makanan dan minuman, ada baiknya kita mulai memikirkan pengganti terbaik pada saat kita membeli makanan maupun minuman yang masih dikemas dengan menggunakan styrofoam.

Berikut adalah alternatif yang dapat digunakan:

1. Kotak Makan Sendiri

Pesan gado-gado atau karedok untuk dibawa pulang tapi kok masih pakai styrofoam? Caranya adalah bawa kotak makanmu sendiri dan mintalah kepada penjualnya untuk menaruh pesananmu di kotak makanmu. Ini adalah cara teraman selain kamu mengetahui betul kotak makananmu bersih dan tidak akan berbahaya seperti styrofoam.

2. Besek Bambu

Besek bambu yang terbuat dari bambu ini bisa menjadi alternatif lain pada saat kita ingin mengganti kemasan makanan dari styrofoam. Selain ramah lingkungan, besek bambu juga memberikan unsur estetiknya sendiri dan dapat digunakan berkali-kali sehingga mengurangi penggunaan kemasan makanan.

3. Kertas

Alternatif berikutnya adalah kertas yang tahan minyak dan air sampai tingkat tertentu. Tentunya kita sering sekali membeli makanan di resto atau cemilan di outlet yang menggunakan kemasan kertas. Seperti donat, crepes, minuman, pop corn, kentang, dll. Kemasan berbahan dasar kertas memberikan kesan minimalis dan juga dapat didaur ulang sehingga tidak memperbanyak timbunan sampah.

Lidya O. Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS