1132
  2016-10-24       lifestyle.okezone.com

Cara Mudah Mencegah Penyakit Menular

Musim hujan begini bisa membuat tubuhmu lebih rentan terhadap berbagai penyakit. Yuk simak beberapa cara untuk mencegahnya.

Official Brawijaya Hospital and Clinic 195 views

Penyakit dapat dibagi mejadi 2: penakit menular dan penyakit tidak menular. Penyakit menular dapat berupa penyakit ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya seperti influenza atau yang berat yang harus berobat berbulan-bulan seperti tuberculosis atau bahkan seumur hidup seperti HIV/AIDS. Penyakit yang tidak menular dapat berupa penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, kanker, atau diabetes.

Dalam artikel ini akan dibahas beberapa cara yang mudah untuk mencegah beberapa jenis penyakit menular yang umum ditemukan sehari-hari.

Tutup Hidung dan Mulut untuk Mencegah Penyakit yang Menular Melalui Udara

Penyakit yang menular melalui udara seperti influenza ataupun tuberculosis/TBC. Cara mencegahnya mudah, yaitu dengan menutup mulut dan hidung sehingga kuman tidak tersebar melalui udara. Kita dapat menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin dengan menggunakan siku bagian dalam. Jangan gunakanan tangan karena kita sering lupa untuk mencuci tangan setelah batuk atau bersin ke tangan.

Penyakit yang menular melalui udara seperti influenza ataupun tuberculosis/TBC. Cara mencegahnya mudah, yaitu dengan menutup mulut dan hidung sehingga kuman tidak tersebar melalui udara. Kita dapat menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin dengan menggunakan siku bagian dalam. Jangan gunakanan tangan karena kita sering lupa untuk mencuci tangan setelah batuk atau bersin ke tangan.

Selain itu kita juga bisa mencegah dengan memakai masker. Masker sebenarnya berguna bagi mereka yang sedang sakit. Karena makser mencegah persebaran tetes-tetes air (water droplets) yang keluar saat bersin atau batuk. Apabila tidak ada masker kita sebaiknya menjaga jarak dari yang sedang batuk atau bersin sejauh 2 meter. Karena biasanya tetesan air yang keluar akan jatuh ke tanah dalam jarak itu.

Serta apabila ada yang batuk dan pilek dirumah, sebaiknya sirkulasi aliran udara harus dijaga, dan pastikan pencahayaan sinar matahari dalam rumah bagus, karena sinar ultraviolet dari matahari dapat membantu membunuh kuman seperti virus dan bakteri.

Cuci Tangan untuk Mencegah Penyakit yang Menular Melaui Tanah/Kontak Langsung

Penyakit yang menular melalui tanah atau kontak langsung adalah seperti penyakit yang diakibatkan oleh cacing, kutu, protozoa dan lain-lain. Contoh penyakit nya adalah kaki gajah, skabies, atau ascariasis. Penyakit juga dapat juga menular melalui benda-benda yang umum dipegang sehari-hari seperti uang kertas atau gagang pintu, yang akan masuk kedalam tubuh saat kita makan tanpa cuci tangan. Cara mudah mencegah penyakit yang menular melalui kontak langsung adalah dengan membiasakan diri untuk cuci tangan.

Source: aladokter.com

Cuci tangan yang benar adalah dengan air mengalir dan sabun, sebelum dan setelah makan. Membasuh tangan dengan cairan antibakterial atau hand sanitizer hanya akan membunuh bakteri, sementara organisme lain seperti cacing atau kutu tidak akan mati dengan itu. Oleh karena itu biasakanlah mencuci tangan dengan air yang mengalir dan sabun. Selain cuci tangan kita juga jangan lupa untuk menggukanan alas kaki apabila berjalan diluar atau menggunakan sarung tangan memegang tanah secara langsung.

Memasak Air dan Makanan untuk Penyakit yang Menular Melalui Air dan Makanan

Air digunakan untuk minum dan memasak. Air dapat menyimpan kuman dari bakteri hingga cacing. Oleh karea itu pastikan sumber makan dan minuman kita dimasak hingga air mendidih. Sering kita terkena diare atau penyakit tifus dikarenakan makanan atau air yang terkontaminasi. Oleh karena itu pastikan makanan dan minuman benar-benar dimasak dan dimakan selagi masih hangat. Jangan menanggap ringan penyakit diare. Masih ditemukan anak-anak di Indonesia yang menginggal karena dehidrasi akibat diare, karena anak-anak memang lebih rentan.

Selain air, sayur, daging, telur atau makanan lain yang kurang masak dapat mengandung bakteri bahaya seperti salmonella atau typhoid. Oleh karena itu pastikan makanan dimasak dengan benar. Kita juga jangan lupa untuk memanaskan ulang makanan apabila sudah lama dingin. Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, menyarankan agar dimasak sehingga suhunya diatas 70oC. Apabila kita ingin memakan sayur yang mentah, jangan lupa untuk mencuci sayur dengan air bersih, dan pastikan kita membeli sayuran dari sumber yang bersih juga.

Penyakit yang Menular dari Binatang atau Manusia

Kita kenal penyakit seperti demam dengue atau malaria yang menular melalui nyamuk, skabies yng menular melalui kutu, rabies yang menular dari kucing, anjing, monyet, atau hepatitis yang dapat menular antar manusia dari kontak darah. Untuk mencegah penyakit seperti ini kita harus tau prinsip penyebarannya.

Untuk mencegah penyakit yang ditularkan nyamuk, rajinlah untuk melaksanakan program 4M di rumah. Kita sering mendengar program ini karena memang masih ampuh untuk membasmi nyamuk. Program 3M adalah menguras tempat penyimpan air, menutup atau membuang tempat penampung air, membasmi nyamuk, dan memantau wadah air yang dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk.

Untuk mencegah penyakit yang disebabkan kutu, gunakan pakaian yang menutupi seluruh kulit. Untuk mencegah penyakit dari binatang peliharaan, pastikan kita bawa binatang peliharaan untuk diobati atau divaksinasi ke dokter hewan, dan hindari menyentuh hewan-hewan liar seperti kucing liar.

Untuk mencegah penyakit yang disebabkan jamur, sebaiknya kita menggunakan barang milik pribadi. Misalkan kutu air yang disebabkan oleh jamur, itu dapat disebabkan dari penggunaan sendal umum, atau terinfeksi jamur di permukaan umum. Untuk mencegahnya, gunakanlah sendal milik pribadi dan pakailah alas kaki di tempat kamar mandi atau WC umum.

Untuk penyakit yang menular langsung dar manusia, pastikan bila saat sakit agar beristirahat dan mengurangi kontak dengan orang lain hingga kita sembuh, agar tidak menularkan penyakit kita. Selain itu penyakit seperti penyakit hepatitis disebabkan oleh virus yang menular lewat darah, salah satu cara menularnya adalah dari pisau cukur umum di tempat pangkas rambut. Oleh karena itu biasakan bawa sendiri pisau cukur, atau minta pisau cukur yang baru.

Jaga Daya Tahan Tubuh Sendiri

Selain cara-cara mencegah penularan diatas, apabila kita tertular tetapi daya tahan tubuhnya bagus, kita dapat mencegah berkembangnya penyakit itu sendiri. Cara agar kita pempunyai daya tahan tubuh yang bagus adalah dengan mengimunisai kita dan anak-anak.

Selain itu kita sebaiknya makan secukupnya (tidak kurang dan tidak berlebih) dan makan yang lengkap makanan sumber protein, karbohidrat, vitamin, mineral, lemak, serat, dan lain lain. Juga jangan lupa untuk melunangkan waktu tersendiri untuk olah raga selama 30 menit sehari minimal 3 hari seminggu dan dilakukan setiap minggu.

Apabila cara-cara diatas mulai di biasakan, kita dapat mencegah penyakit-penyakit menular maupun penyakit degeneratif saat usia lanjut nanti.

Ditulis Oleh:

dr. A. Fadli

Official Brawijaya Hospital and Clinic
Official Brawijaya Hospital and Clinic
Brawijaya Clinic @Buah Batu – Bandung (BCBB). Klinik kese...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Official Brawijaya Hospital and Clinic
Official Brawijaya Hospital and Clinic
Brawijaya Clinic @Buah Batu – Bandung (BCBB). Klinik kesehatan wanita yang terpercaya d...

no comments

Follow Moeslema on SNS