1127
  2016-10-24       www.konfrontasi.com

5 Hal Ini Wajib Kamu Ketahui Untuk Meminimalisir Terjadinya Kebakaran

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran rumah.

Lidya O. 115 views

Beberapa waktu yang lalu, saya dibangunkan oleh beberapa orang di luar rumah yang melihat kebakaran besar tepat di belakang rumah saya. Apinya melahap habis empat rumah petakan sekaligus. Tidak ada barang atau benda-benda yang bisa diselamatkan. Penyebab kebakaran tersebut masih kurang jelas namun diprediksikan karena kelalaian manusia. Untungnya, pemadam api segera datang dan kira-kira membutuhkan waktu lebih dari satu setengah jam untuk memadamkan rumah tersebut. Api pun padam dan saya mencium bau panas dan asap tidak sedap dari tembok belakang rumah. Jika sedikit saja terlambat, mungkin rumah saya pun ikut terlahap api.

Dari kejadian demi kejadian yang sering terjadi di rumah saya, sontak ini membuat saya dan para tetangga untuk lebih waspada pada kebakaran. Beberapa hal di bawah ini wajib kita ketahui agar bisa mencegah terjadinya kebakaran.

Jangan Lupa Matikan Kompor

Salah satu penyebab kebakaran rumah yang paling sering terjadi adalah kelalaian orang dalam mematikan kompor. Beberapa waktu lalu pun saya sempat mencium bau asap yang tidak sedap di area ruangan tempat saya menulis. Rupanya teman saya lupa mematikan kompor kecilnya untuk menyeduh air panas. Untungnya saya ada di sana pada saat kejadian sedang berlangsung. Sehingga saya bisa langsung mematikan kompor kecil tersebut. Bahaya sekali bukan kalau tidak ada orang dan kompor masih terus menyala?

Himbauan untuk anak kos yang sering masak-masak di kamar atau luar kamar dengan kompor kecil dan sebagainya. Perhatikan baik-baik pada saat ingin memasak dan jangan pernah meninggalkan kompor dalam keadaan belum dimatikan. Karena berkali-kali sempat ada kejadian kebakaran di kamar kosan dengan kasus seperti ini.

Kabel Terkelupas

Kabel terkelupas yang terkena air akan mengalirkan arus listrik yang menimbulkan panas. Maka pada titik bocor tersebut sangat bisa lho terjadi lintasan api. Untuk itu, perhatikan kabel yang sudah rusak maupun terkelupas dan jangan lupa untuk menggantinya dengan yang baru atau menembelnya sehingga tidak terbuka lagi.

Stop Kontak Bertumpuk

Source: cdn.klimg.com

Hindari stop kontak yang bertumpuk dapat menyebabkan beban bertambah dan kabel akan mengalirkan arus di luar batas kemampuan hantar arusnya. Sehingga kabel menjadi panas. Dan jika semakin panas, stop kontak bisa menimbulkan percikan api. Kemudian, plastik plug dan stop kontak akan meleleh dan lama-kelamaan bisa menjadi api.

Perhatikan Saat Merokok Dalam Ruangan

Benda kecil satu ini jika kamu tidak berhati-hati maka akan berdampak besar. Puntung rokok yang masih menyala jika dibuang sembarangan maka akan menimbulkan api dan api akan membesar sehingga menjadi kebakaran. Sebaiknya pastikan benar-benar api puntung rokok benar-benar padam dan buanglah di tempat sampah.

Jangan Biarkan Listrik Menyala Saat Kamu Bepergian

Jika kamu akan bepergian dalam keadaan tidak ada satu pun orang di rumah, pastikan kamu harus mematikan listrik yang memang tidak dipakai. Misalnya AC, kipas angin, lampu kamar, TV, dll. Kebetulan saya dan Mama memang tidak berdua saja dan saat kami bepergian tidak ada orang yang menjaga di rumah. Oleh karena itu, stop kontak yang memang tidak dipakai (jika tidak sedang charging hp) selalu dimatikan supaya aman. Selain bisa berhemat listrik, hal ini juga bisa menjaga kita dari kemungkinan kebakaran.

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS