1121
  2016-10-27       jogjakulit.com

Mengenal Beberapa Jenis Kulit Pada Produksi Tas

Moeslemates pasti pernah membeli tas yang "katanya" berbahan kulit asli, tahu-tahunya palsu. Nah, supaya tidak keliru lagi, yuk pelajari beberapa perbedaan jenis kulit untuk produk tas.

Lidya O. 531 views

Mengenal Genuine Leather

Source: blog.qlapa.com

Genuine leather adalah kulit asli yang umumnya dibuat berasal dari kulit hewan seperti sapi, kambing, domba dan ular. Ada banyak jenis kulit asli namun secara umum dapat dikelompokkan dalam 3 kategori, yaitu:

1. Kulit Anilin (Aniline)

2. Kulit Semi Anilin (Semi Aniline)

3. Kulit Pigmented

Kulit Anilin

Jenis kulit asli yang paling bagus kualitasnya adalah kulit anilin. Pembuatannya tidak melalui proses buffing dan tidak menggunakan bahan pelapis lain. Pola kulit asli masih terlihat natural. Namun, jenis kulit ini masih rentan terhadap goresan, mudah kotor dan mudah pudar jika terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Kulit Semi Anilin

Di bawah kulit anilin ada kulit semi anilin yang permukaannya dilapisi dengan lapisan tipis zat pewarna atau pelindung kulit. Tujuannya untuk meningkatkan daya tahan kulit dan melindungi dari kotoran. Walaupun begitu, jenis kulit ini masih mempertahankan penampilan alami.

Kulit Pigmented

Yang terakhir adalah kulit pigmented. Jenis kulit ini permukaannya dilapisi dengan lapisan pewarna maupun bening. Sehingga kelihatan lebih berwarna dan mengkilap, namun jadi sedikit kelihatan tidak natural seperti kulit anilin dan kulit semi anilin. Lapisan pigmen tersebut berfungsi untuk meningkatkan daya tahan kulit dan menyamarkan cacat-cacat pada permukaan kulit. Biasanya, jenis kulit ini digunakan untuk furniture atau jok mobil.

Mengenal Faux Leather

Kalau tadi kita sudah mengenal genuine leather atau kulit asli, sekarang kita akan membahas faux leather atau yang lebih dikenal sebagai kulit sintetis. Jenis kulit ini merupakan kulit imitasi yang mencampurkan bahan-bahan lain seperti kain yang diolah secara kimia dengan lilin, pewarna atau polyurethane untuk menghasilkan bahan dan warna seperti kulit asli. Jadi wajar jika kulit sintetis jauh lebih murah daripada kulit asli. Jenis kulit sintetis yang paling umum disebut juga dengan pleather atau plastic leather karena terbuat dari bahan dasar kain elastik. Selain itu, kulit sintetis jauh lebih bervariasi dengan berbagai warna yang mencolok.

Cara Membedakan Genuine Leather dan Faux Leather

Perbedaan utama dari kulit asli dan kulit sintetis yaitu kualitas dan daya tahannya. Namun, masih ada juga beberapa penjual yang mengelabui pelanggannya dengan mengatakan produknya adalah kulit asli sehingga dapat dijual dengan harga yang mahal. Oleh sebab itu, kita sebagai pembeli harus cerdik dan pintar membedakan mana yang asli dan mana yang palsu. Berikut ini adalah cara untuk mengidentifikasi apakah produk tersebut terbuat dari bahan kulit asli atau imitasi.

Sentuh Bahan Kulitnya

Source: blog.qlapa.com

Kulit asli ada yang terasa kasar dan halus saat disentuh tergantung kualitasnya. Sementara itu, kulit sintetis memiliki kecenderungan untuk melar jika direnggangkan. Dan kulit sintetis juga terasa lebih halus seperti menyentuh plastik.

Cium Aromanya

Salah satu yang sulit ditiru oleh kulit sintetis adalah aromanya. Coba kamu cium dan bandingkan dari kedua jenis kulit tersebut. Untuk dapat membedakannya, kamu harus mengetahui lebih dulu bagaimana aroma kulit asli dan bagaimana aroma kulit sintetis.

Periksa Pori-pori Bahan

Pori-pori pada kulit sintetis akan kelihatan lebih rapi sementara pori-pori di kulit asli lebih tidak beraturan.

Periksa Label Produk

Produk tas yang terbuat dari kulit sintetis biasanya tidak menyebutkan bahan kulitnya namun menggunakan istilah seperti 'manmade materials' atau 'fabric materials'.

Periksa Tepian Produk

Source: nyonyamalas.com

Jika kamu perhatikan lebih dalam, produk yang terbuat dari kulit sintetis akan terasa seperti busa atau plastik pinggiran tepinya. Sedangkan kulit asli akan cenderung lebih kasar.

Lidya O. Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS