1119
  2016-10-21       images.detik.com

Perbedaan Banjir Di Jepang & Indonesia

Banjir menjadi bencana alam yang cukup biasa terjadi di Indonesia. Tetapi, apa yang membedakan banjir di Indonesia dan di Jepang? Coba simak artikel di bawah ini.

Lidya O. 233 views

Jakarta banjir? Sudah biasa. Apalagi, wilayah Grogol Petamburan, Jakarta Barat, tepat di belakang rumah saya. Gedung tinggi salah satu universitas di sana sudah biasa terendam banjir dan meliburkan mahasiswa-mahasiswanya. Tapi, yang tidak berubah dari dulu adalah air banjir yang kotor dan jalanan setelah surut dari banjir.

Banjir di Indonesia

Source: sidomi.com

Kawasan kumuh yang dekat dengan permukiman warga menjadi salah satu lokasi yang paling sering mengalami banjir. Air selokan dan sampah di jalanan bersatu dengan air banjir sehingga tidak heran warnanya pun kecoklatan karena lumpur dan sampah.

Seusai banjir pun terlihat jalanan yang rusak, bekas sampah dan lumpur yang kotor. Kalau tidak segera dibersihkan, berbagai penyakit kulit akan sangat mudah terjangkit karena lingkungan yang tidak bersih.

Sebagai warga Jakarta yang sering mengalami banjir, saya turut prihatin karena masyarakat Jakarta masih belum mampu menjaga kebersihan dan sampah di jalan. Kalau kita lebih disiplin untuk tidak membuang sampah sembarangan, mungkin akan mengikis kemungkinan datangnya banjir lebih lambat.

Banjir di Jepang

Banjir di Indonesia berbeda dengan banjir di Jepang. Selain penanganan setelah banjir di Jepang lebih cepat, mereka juga sangat telaten menjaga kebersihan. Makanya, tidak heran jika kita tidak menemukan sampah sedikit pun di jalanan di Jepang. Saat banjir pun, air selokan bersih dan bebas sampah.

Source: dumaipos.co

Lihat deh air banjir di dalam lorong subway di Jepang ini! Benar-benar mirip dengan air kolam renang ya?

Jalanan setelah banjir pun tidak begitu kelihatan kotor. Hanya ada sedikit genangan bekas banjir saja.

Sebegitu antusiasnya warga Jepang dalam menjaga kebersihan sehingga pada saat terjadi banjir pun tidak begitu memusingkan masalah sampah.

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS