1118
  2016-10-25       s-media-cache-ak0.pinimg.com

Penyakit Psikologis Dissociative Identity Disorder

Apa itu kepribadian ganda? Dan apa penyebab dibalik penyakit psikologis tersebut?

Lidya O. 333 views

Source: cdn.klimg.com

Multiple Identity Disorder yang diberi nama baru Dissociative Identity Disorder (DID) adalah kepribadian ganda di mana penderitanya akan menunjukkan dua atau lebih kepribadian yang memiliki nama dan karakter yang berbeda. Mereka sebenarnya hanya memiliki satu kepribadian, namun akan berubah menjadi sosok yang berbeda tergantung pada lingkungan, situasi, kondisi, dan interaksi sosial.

Disosiasi

Kata "disosiasi" sendiri diambil untuk menggambarkan penyakit psikologis ini karena adanya gejala terputusnya suatu hubungan antara pikiran, perasaan dan tindakan seseorang saat situasi sedang berlangsung. Misalnya, saat kita bertanya kepada seorang penderita, ia akan menjawab yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan pertanyaan kita.

Penyebab DID

Beberapa teori yang mengatakan bahwa para penderita DID berawal dari treatment negatif seperti kekerasan fisik maupun psikis akan menimbulkan trauma berkepanjangan terlebih hal itu terjadi pada usia 0-10 tahun. Penolakan atas kenyataan, trauma dan harapan yang membuat mereka akhirnya membentuk kepribadian lain.

Gejala DID

Source: cdn.klimg.com

Adanya ketidakmampuan untuk mengingat informasi penting tentang dirinya.

Memiliki masa lalu yang menyedihkan.

Kebanyakan dari penderita mengalami amnesia jangka pendek.

Kemampuan dirinya dapat berubah-ubah sesuai dengan kepribadiannya. Contohnya, si penderita bisa bermain musik tapi beberapa jam kemudian tidak bisa memainkannya lagi dan melakukan aktivitas lainnya.

Penderita sering mengalami sakit kepala dan skizofrenia (mendengar banyak suara-suara di kepalanya).

Source: img.okezone.com

Perasaan dan pikiran ingin bunuh diri karena depresi karena ciri-ciri tersebut di atas.

Penyakit kepribadian ganda ini ternyata lebih didominasi oleh penderita wanita dibandingkan pria. Perbandingan pria dan wanita yaitu 1:9. Dan perlu diketahui bahwa sejauh ini belum ada pemeriksaan yang akurat untuk memastikan apakah seseorang mengalami kepribadian ganda atau tidak. Namun, mereka yang mengalami penyakit seperti ini akan kesulitan dalam menjaga hubungan sosialisasi masyarakat di sekitarnya.

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS