1102
  2016-10-17       img.washingtonpost.com

Gadis 15 Tahun Ajukan Pembuatan Emoji Hijab!


Airin Karima Ahmad 50 views

Rayouf Alhumedhi, gadis berkewarganegaraan Saudi Arabia yang tinggal di Jerman.

Sejak 2010, popularitas emoji telah mengalami perkembangan yang pesat. Emoji menjadi salah satu bentuk bahasa yang lebih sederhana untuk dapat mengekspresikan emosi dalam pesan singkat. Selain digunakan dalam instant messaging, emoji pun banyak digunakan di media sosial.

Seperti para remaja yang sedang berkembang pada umumnya, sehari-hari Rayouf menggunakan platform instant messaging untuk berkomunikasi dengan teman-temannya. Namun, Rayouf merasa emoji yang ada pada saat ini, tidak memiliki karakter yang mewakili dirinya, yaitu seorang gadis yang menggunakan hijab.

"The fact that there wasn't an emoji to represent me and the millions of other hijabi women across the world was baffling to me,"

Didasari oleh kegelisahan tersebut, Rayouf pun mengajukan ide ke sebuah perusahaan bernama Unicode. Perusahaan ini adalah non-profit corporation yang bekerja men-develop emoji.

Rayouf dibantu oleh Aphelandra Messer, seorang illustrator asal Nebraska, untuk merancang gambaran seperti apa tampilan emoji hijab yang diinginkan.

Dibantu oleh pihak dari Unicode (yang menyambut baik ide tersebut!), Rayouf pun dibimbing untuk membuat proposal mengenai pengajuan ide pembuatan emoji hijab.

Dalam proposal tersebut, Rayouf meng-highlight beberapa poin penting yang dapat menjadi alasan mengapa emoji hijab ini harus ada, yaitu:

- Apabila kita mengetik 'hijab' pada kotak pencarian di Instagram, kita akan menemukan 15,6 juta foto. Sedangkan apabila mencari 'sorban', maka akan muncul 732 ribu foto.
- Penggunaan emoji ini akan disambut baik oleh negara-negara mayoritas muslin seperti Indonesia dan Mesir. Yang mana 90% wanita muslimnya adalah pengguna hijab.
- Hijab Fashion Blogger, Sondos Alqattan yang mempunyai 2,1 juta follower di Instagram, merupakan salah satu contoh bahwa hijab adalah kultur yang populer.

Rayouf akan mempresentasikan proposalnya didepan Emojicon dan Unicode Technical Committee pada bulan November ini

Apabila disetujui dan semua prosesnya berjalan lancar, hijab emoji akan muncul pada pertengahan tahun 2017. Yuk, kita doakan Rayouf supaya berhasil mempresentasikan idenya dengan baik!

Airin Karima Ahmad Airin Karima Ahmad
Graphic designer
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Related Tags
Curator Introduction
Airin Karima Ahmad
Airin Karima Ahmad
Graphic designer

no comments

Follow Moeslema on SNS