1088
  2016-11-08       Investasi Kelapa Sawit

Minyak Kelapa Sawit Alternatif Bebas Asam Lemak Trans

Indonesia sebagai Negara terbesar di dunia dengan produsen minyak sawit menjadi peluang besar dalam mengolah kelapa sawit. Produksi minyak sawit Indonesia mencapai 22 juta ton atau memenuhi 43,6% dari total pasar dunia pada tahun 2010 dengan total luas lahan perkebunan mencapai 7,8 juta hektar.

Triwitaan 97 views

Source: Health - Kompas.com

Permintaan pasar semakin meningkat untuk kebutuhan bahan baku sumber lemak. Untuk itu inovasi produk bahan baku lemak terus menjadi acuan kebutuhan masyarakat. Terutama kebutuhan bahan baku sumber lemak untuk mengolah makanan, seperti minyak kelapa sawit, margarin dan mentega. Sumber lemak tersebut digunakan untuk mengolah bahan pangan menjadi makanan . Perhatian konsumen terhadap asam lemak trans dan pengaruhnya bagi kesehatan semakin meningkat dalam kurun waktu terakhir. Bahkan beberapa lembaga dunia telah merekomendasikan berbagai prakarsa penurunan untuk konsumsi asam lemak trans tersebut. Hal ini terkait dengan hasil penelitian yang menunjukan korelasi konsumsi asam lemak trans dengan tingkat risiko terkena penyakit.

Apa itu asam lemak trans?

Lemak trans adalah golongan asam lemak tidak jenuh yang berkonfigurasi dalam bentuk trans. Berbagai penelitian telah menunjukan bahwa konsumsi asam lemak ini berkaitan dengan peningkatan kadar kolestrol LDL (Low Density Lipoprotein) di dalam darah, yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Para konsumen kini bisa menghindari asam lemak trans, dengan mengganti sumber asam lemak trans dengan minyak kelapa sawit. Minyak sawit adalah solusi bebas asam lemak trans. Kelapa sawit yang diolah menjadi minyak sawit menjadi alternatif pemakaian yang bebas asam lemak trans.

Kenapa minyak kelapa sawit lebih aman?

Source: EnergiToday.com

Minyak kelapa sawit merupakan minyak alami yang sangat kaya triasilgliserol, sehingga melalui proses fraksinasi dan pencampuran bisa diperoleh aneka fraksi minyak sawit dengan karakteristik sesuai dengan aplikasi tertentu yang diinginkan.

Kelapa sawit memiliki banyak potensi sebagai ingridien pangan yang kesemuanya bebas asam lemak trans. Beberapa diantaranya adalah sebagai ingridien kaya krotenoid (minyak sawit merah), ingredien fungsional kaya tocoferol, tokotrienol, bahan pengemulsi (campuran mono dan diacyl glyceride, M-DAG), yang bisa dibuat dalam bentuk cair, padat ataupun dalam bentuk bubuk lemak (fat fowder).

Triwitaan
Triwitaan
Writer, Nutrition Addict, Konference Journalist Addict, F...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Triwitaan
Triwitaan
Writer, Nutrition Addict, Konference Journalist Addict, Food Fadism, Student, Medical E...

no comments

Follow Moeslema on SNS