1083
  2016-10-18       www.sehatfresh.com

WASPADA! Ini Akibat Mengkonsumsi Telur Secara Berlebihan.

Bagi kalian yang senang telur, simak artikel berikut ini.

Deane Lene 102 views

Kalian pasti tidak asing lagi dengan salah satu sumber protein ini. Teluar adalah salah satu makanan yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ahli gizi. Telur merupakan sumber protein hewani yang sering kita konumsi sehari hari karena selain telur mudah di dapat dan ekonomis, telur juga mudah dalam pengolahannya. Memang sumber protein ini baik bagi kesehatan kalian, namun tahukah kalian bahwa mengkonsumsi telur secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan? Menurut hasil beberapa penelitian yang menggunakan teknik random sampling mengatakan bahwa mengkonsumsi telur secara berlebihan berdampak buruk bagi kesehatan terutama bagi kalian yang memiliki riwayat kolesterol dan diabetes. Simak pembahasannya berikut ini yuk:

Menimbulkan alergi

Source: alergikulit.com

Alergi akibat telur? Hal ini dapat terjadi pada kalian yang memiliki riwayat alergi protein tinggi. padahal sejatinya telur bukan salah satu makanan yang mengandung protein tinggi namun jika kalian mengkonsumsinya secara rutin maka didalam tubuh kalian protein akan terus menumpuk sebelum bisa di urai oleh pencernaan. Selain itu kalian juga harus waspada terhadap telur imitasi yang kerap dijual oleh pedagang nakal.

Meningkatkan kolesterol

Di dalam telur mengandung lemak sekitar 200mg/butir. Kalian hanya boleh mengkonsumsinya maksimal 6 butir dalam satu minggu. Jika kalian mengkonsumsinya lebih dari 6 butir maka resiko terkena kolesterol meningkat dua kali lipat. Selain itu kalian juga akan beresiko terkena penyakit jantung. Jadi konsumsilah telur secukupnya saja.

Perubahan hormon

Source: fmidr.com

Ketika kalian mengkonsumsi telur secara berlebihan, akan menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Hormon di dalam tubuh kita akan terjadi perubahan untuk menyeimbangkan nutrisi yang dibutuhkan dalam tubuuh dan perubahan tersebut akan berdampak negatif jika terjadi kelonjakan yang cukup berarti dan menyebabkan tidak stabil. Jika kalian sangat senang dengan olahan telur, sebaiknya kalian imbangi dengan mengkonsumsi sayur dan buah juga ya. Sayur dan buah dipercaya mampu menyeimbangkan protein yang berlebih dalam tubuh.

Menimbulkan jerawat berlebih

Source: reps-id.com

Akibat perubahan hormon dalam tubuh, salah satu dampak negatifnya adalah timbulnya jerawat baik pada wajah ataupun bagian tubuh lainnya. Selain telur, makanan pedas dan kacang pun menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat berlebih karena zat kimia alami di dalam makanan tersebut juga memicu terjadinya perubahan hormon.

Meningkatnya resiko diabetes

Source: www.liferelayhealthcare.com

Di dalam telur juga terdapat kandungan lemak yang mampu memicu terjadinya resiko diabetes. Mengkonsumsi telur ayam setiap hari mampu meningkatkan seseorang terserang penyakit diabetes tipe dua, terutama bagi para perempuan. Berdasarkan hasil penelitian pada dunia medis, mengkonsumsi telur ayam setiap hari akan meningkatkan resiko diabetes pada pria sebanyak 55% dan 77% bagi wanita.

Mengkonsumsi makanan apapun baik bagi kesehatan tubuh. Namun jika mengkonsumsi secara berlebihan, akan berdampak buruk bagi kesehatan. Makanlah makanan sesuai dengan kebutuhan nutrisi dalam tubuh dan tentunya setiap orang berbeda-beda. Jadi kenali dirimu sendiri dengan baik.

Telur Palsu

Di awal pembahasan, aku menyebutkan bahwa terdapat telur palsu yang beredar dipasaran kan. Nah kalian sudah tahu apa bedanya? Perhatikan dengan teliti perbedaanya ya guys:

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS