108
  2016-10-17    

Doa Bercermin, Doa Masuk Pasar, Doa Kehilangan

Tiga doa ini mempunyai makna yang dalam tapi mungkin sering kita lupakan

pigeonidn 167 views

Dalam Islam, kita diajarkan untuk berdoa disetiap kesempatan. Salah satu tujuannya adalah agar kita senantiasa melibatkan Allah di setiap langkah kita. Pasti sewaktu kecil kita pernah diajarkan berbagai doa, mulai dari doa sebelum makan, doa sebelum tidur, sampai doa sebelum masuk kamar mandi juga diajarkan.

Nah kali ini, kita akan membahas mengenai 3 doa yang mungkin dulu pernah diajarkan tapi kita jarang mengamalkannya. Yaitu doa ketika kehilangan sesuatu, doa ketika memasuki pasar, dan doa ketika bercermin.

Doa Ketika Bercermin

Ketika bercermin, apa yang biasa Moeslemates ucapkan dalam hati? Sebuah kekaguman kah? Jika iya, mari kita sempurnakan. Oleh Rasulullah, ketika bercermin kita dicontohkan membaca doa seperti berikut.

Doa yang sangat indah, dimana ketika kita bercermin, kita diingatkan untuk tidak melupakan kecantikan akhlak. Jika diresapi lebih dalam lagi, doa tersebut seperti mengajarkan kita bahwa kecantikan rupa akan sia-sia jika kita melupakan kecantikan akhlak.

Doa Ketika Memasuki Pasar

Aktivitas belanja tentunya aktivitas yang sangat dekat dengan kita. Entah berbelanja di pasar, mall, atau minimarket. Pernahkah Moeslemates menyesal seusai berbelanja? Seperti merasa terlalu boros, menyesal membeli hal yang ternyata tidak begitu penting, atau merasa tertipu saat berbelanja? Mulai saat ini, mari kita biasakan membaca doa ini agar kita mendapatkan keberkahan saat berbelanja.

Doa Ketika Kehilangan

Apa yang Moeslemates lakukan pertama kali lakukan ketika kehilangan atau mendapati barang kita rusak? Sebagian moelsemates mungkin akan menangis, marah, dilanjutkan dengan berandai-andai. "Coba tadi nggak kesini...." atau "Coba tadi naruhnya bener..."

Sebuah rekasi wajar yang paling sering kita jumpai. Namun sayangnya, diantara kita sering melupakan sesuatu. Berdoa. Padahal, Rasulullah SAW mengajarkan doa yang dapat membuat hati kita tenang saat ditimpa musibah kehilangan.

Yang sering membuat kita berat saat kehilangan, pada dasarnya adalah rasa kepemilikan yang ada dalam diri kita. Sehingga melalui doa tersebut, kita diingatkan kembali bahwa apa yang kita miliki sesungguhnya hanyalah titipan. Semua akan kembali kepada Allah, termasuk diri kita.

Doa tersebut juga seakan memberitahu bahwa tidak perlu bersedih karena musibah yang kita alami sesungguhnya dapat mendatangkan pahala.

Link Download

Moeslemates bisa menyimpa ketiga doa tersebut di smartphone dengan mendownload link di bawah ini. Kritik dan saran, bisa ditulis di kolom komentar 😊

pigeonidn
pigeonidn
📫 kritik & saran: pigeon.idn@gmail.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
pigeonidn
pigeonidn
📫 kritik & saran: pigeon.idn@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS