107
  2016-06-10       www.travelweekly-asia.com

10 Tips Perawatan Rambut Khusus Muslimah Berkerudung

Siapa bilang tidak terlihat artinya tidak perlu di jaga? Yuk baca tips perawatan rambut dari kami untuk moeslemates.

Official Moeslema Team 128 views

Assalaamualaikum Moelemates,

 

Meski tidak terlihat, rambut adalah hal yang harus kita jaga kebersihan dan kesehatanya. Kami telah menyiapkan berbagai tips untuk membantu moeslemates untuk merawat rambut.

Hindari Menggunakan Kerudung Saat Rambut Masih Basah

Ini yang paling penting moeslemates, harus diperhatikan bahwa kebiasaan menggunakan kerudung saat rambut masih basah bukanlah kebiasaan yang baik. Kejadian ini bisa membuat rambut menjadi bau, gatal di kulit kepala, dan bisa menimbulkan ketombe loh.

Rajin Mencuci Rambut dan Keramas

Harus diakui bahwa dengan menggunakan kerudung, kulit kepala kita akan lebih mudah berkeringat dan lebih lembab. Untuk itu, cucilah rambut kalian secara rutin untuk mencegah kerusakan rambut dan kulit kepala.

Selalu rapihkan rambut sebelum dan sesudah mengenakan jilbab.

Selain memilih sisir yang cocok, rajin merapihkan rambut mencegah rambut kusut berlebih. Rambut yang kusut akan memerlukan usaha yang lebih untuk disisir. Ini yang umumnya membuat rambut lebih mudah patah karena tertarik kesana dan kesini.

Perhatikan Cara Mengikat Rambut

Bagi moeslemates yang memiliki rambut yang cenderung panjang, sebaiknya pilihlah jenis kunciran dari bahan kain atau jepit rambut yang ukurannya sesuai dengan banyaknya rambutmu. Kunciran berbahan kain mengikat dengan baik namun tidak lengket dengan rambut. Pastikan juga jangan menguncir rambut terlalu keras. Menyesuaikan ukuran jepit rambut juga tidak kalah penting. Hal ini untuk memastikan rambut tidak terlalu terjepit. Jika rambut terlalu kencang terikat atau terlalu terjepit, rambut akan lebih mudah patah dan kepala bisa terasa pusing.

Gunakan Ciput yang Nyaman

Ciput atau dalaman kerudung juga hal sering kita gunakan. Pilihlah bahan yang lembut dan menyerap keringat. Selain itu, pilihlah ciput yang ukurannya sesuai dengan ukuran kepala kita untuk mencegah rasa gatal dan pusing di kepala.

Pilih Jenis Bahan Kerudung yang Nyaman

Tidak hanya ciput, kerudung yang kita gunakan juga harus nyaman bahannya. Pilihlah bahan-bahan yang dapat menyerap keringat dan cenderung dingin di kepala.

Pilih Warna Jilbab

Selain itu, gunakan kerudung warna lembut dan cerah jika aktivitasmu berada di luar ruangan ya moeslemates. Hal ini untuk mencegah kepala terasa lebih panas saat terkena sinar matahari. Jika kepala kita terasa lebih panas, tentunya kulit kepala kita akan lebih mudah berkeringat.

Istirahatkan Rambutmu

Jika moeslemates suka tidur dengan rambut terkuncir, sebaiknya hindari kebiasaan tersebut. Setidaknya 8 jam sehari, biarkanlah rambut lebih bebas dengan cara tidak menguncirnya.

Jaga Asupan Makanan

Beauty outside comes from within, nah tentunya agar rambut kita lebih sehat, kita harus menjaga asupan gizi kita moeslemates. Konsumsi makanan rendah dan mengandung protein tinggi, vitamin B; C, serta zat besi yang tentunya menambah nutrisi yang selain baik untuk rambut, juga tentunya juga baik untuk badan.

Pilih Produk Perawatan Rambut yang Tepat

Ini yang tidak kalah penting moeslemates. Penggunaan produk perawatan rambut juga berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Produk kimia dan alat-alat yang bersuhu panas justru akan membuat rambut lebih mudah rusak. Cobalah masker rambut alami dan gunakanlah pengering rambut yang dingin.

 

Nah itu dia 10 tips perawatan rambut yang kami rangkum spesial untuk moeslemates yang berkerudung. Pada dasarnya tips ini juga bermanfaat loh untuk moeslemates yang belum berkerundung. Untuk moeslemates yang belum berkerudung, yuk belajar berkerudung.

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS