1068
  2016-10-25       showbiz.liputan6.com

Kuatnya Hati dan Pengorbanan Seorang Ibu "Athirah"

Sebuah film yang menggambarkan perjuangan seorang ibunda dari bapak Jusuf Kalla.

yanikoer 46 views

Assalamualaikum Moeslemates,

Halo apa kabar? Rabu, 12 Oktober 2016 kemarin saya berkesampatan hadir di acara nonton bareng film "Athirah" bersama Moeslema.com dan Wardah di Plaza Senayan, Jakarta.Sekarang saya akan mengulas film 'Athirah' dan nila-nilai positif yang diberikan seorang ibu sebagai suri tauladan yang baik bagi kehidupan seorang anak.

Athirah. adalah sebuah film biografi Indonesia yang dirilis pada 29 September 2016. Film ini diadaptasi dari novel biografi Hajjah Athirah Kalla yaitu ibunda Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla karya Alberthiene Endah.

Film ini mengisahkan perjuangan ibunda Athirah yang diperankan oleh Cut Mini dan Jusuf Kalla (Ucu) yang diperankan oleh Christoffer Nelwan saat remaja, dan Nino Prabowo ketika dewasa. Di awal cerita diceritakan bahwa kehidupan keluarga Athirah mulai goyah saat suaminya menikahi perempuan lain, Athirah dengan kekuatan hati dan perasaan yang ia miliki mencoba tegar menghadapi segala cobaan. Athirah mencoba melawan perasaan sakit hatinya di madu demi mempertahankan keutuhan sebuah keluarga.Sebagai seorang anak pertama, Ucu tidak tahu harus berbuat apa dan berpihak pada ayah atau ibunya.

Perjuangan Athirah di mulai dari ia menjual tenun kepada orang sekitar dengan menyerahkan segala usaha dan tenaga yang ia punya, sedikit demi sedikit uang yang ia dapat ditabungkan dengan dibelikan emas. Dengan susah payah ia berjuang mencari penghasilan, dan warga sangat menyukai tenunan Athirah karena desainnya yang cantik.

Lalu saat semua emas sudah terkumpul, pada saat itu Indonesia sedang berada di titik perekonomian yang rendah, suaminya yang mempunyai usaha sudah bangkrut dan tidak memiliki apa-apa lagi termasuk membayar gaji karyawannya, pada saat itulah Ucu melihat ibunya memberikan emas simpanannya untuk dipakai suaminya dalam menggaji karyawan, padahal baru beberapa hari sebelumnya ia meminta suaminya untuk berangkat ke acara pernikahan tapi suaminya menolak, dan Athirah beserta Ucu melihat ia datang bersama istri lainnya. Betapa kuatnya perjuangan dan hati seorang Ibu Athirah dalam meneguhkan keutuhan keluarga dan menyimpan semua rasa sakitnya dan tetap memaafkan juga sangat baik terhadap suaminya.

Lalu diceritakan pula kisah masa muda dan asmara Ucu bersama dengan Ida, mereka sama-sama menyukai tetapi Ida dikisahkan pada saat itu ayahnya tidak menyetujui hubungannya karena mengetahui ayah Ucu yang mempunyai banyak istri dan takut Ucu akan bersikap sama seperti ayahnya.

Film ini berhenti pada saat klimaks Ucu dan Ida saling bertemu lagi di salah satu bank, belum diceritakan bagaiman kisah cinta mereka dan kabar keluarganya yang selanjutnya. Apa mungkin akan ada kisah Athirah selanjutnya? Kita tunggu saja ya Moeslemates!

Foto bapak Jusuf Kalla bersama istri tercinta ibu Mufidah.

Oiya Moeslemates, Athirah – dengan judul Internasional Emma' (berarti "Ibu") juga akan diputar di beberapa Festival Film Internasional, diantaranya:

- Vancouver International Film Festival, Kanada (29 September – 14 Oktober 2016)
- Busan International Film Festival, Korea (6 – 16 Oktober 2016)
- Tokyo International Film Festival, Jepang (25 Oktober – 3 November 2016) [2]

Daripada penasaran, yuk kita lihat filmnya di bioskop yang akan tayang mulai 29 September 2016!

ATHIRAH OFFICIAL TRAILER | DI BIOSKOP MULAI 29 SEPT 2016

yanikoer yanikoer
Blogger, a dreamer to be singer
Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Curator Introduction
yanikoer
yanikoer
Blogger, a dreamer to be singer

no comments

Follow Moeslema on SNS