1066
  2016-10-13       sidomi.com

Review Film Athirah, Kisah Hidup Ibunda Jusuf Kalla

Film karya sutradara Riri Riza ini akan membuat kamu lebih memahami peran ibu dalam menjaga keutuhan keluarga.

Airin Karima Ahmad 590 views

Athirah adalah film biografi Indonesia yang dirilis pada 29 September 2016

Film ini diadaptasi dari novel biografi yang memiliki judul yang sama karya Alberthiene Endah. Film ini menceritakan kisah Athirah, ibu dari Wakil Presiden Indonesia yaitu Bapak Jusuf Kalla, ketika masih muda.

Source: movie.co.id

Poster Official Film Athirah

"Membuka mata dan hati kita, bahwa ibu adalah kunci keutuhan keluarga."
Source: Mira Lesmana

Film Athirah (diperankan oleh Cut Mini) mengisahkan tentang seorang ibu yang tetap teguh berusaha dan mempertahankan rumah tangga walaupun sedang diterpa masalah yang berat. Prahara rumah tangga yang sedang menimpa keluarga Athirah tidak membuat Athirah pantang menyerah, justru membuatnya berusaha lebih keras untuk menyokong kehidupan.

Anak lelaki Athirah, Ucu (Jusuf Kalla), berada di posisi yang cukup rumit. Di satu sisi, ia sangat mencintai ibunya. Namun di sisi lain, bapaknya adalah sosok yang ia kagumi.

Christoffer Newman, berperan sebagai Jusuf Kalla ketika muda.

Sebagian besar adegan dalam film ini mampu membuat penonton menangis. Kisah pilu Athirah yang harus menahan sakit ketika suaminya menikah lagi dituturkan dengan baik sehingga mampu membuat para penonton larut dalam kesedihan. Apalagi ketika Athirah melihat langsung istri muda suaminya yang saat itu di bawa ke sebuah hajatan.

Mengangkat budaya Bugis, film syuting ini pun dilakukan di Sulawesi Selatan. Proses syuting yang memakan waktu selama 31 hari dilakukan di tiga kota berbeda, yaitu Makassar, Sengkang dan Pare-Pare.

Setting utama film ini adalah rumah Athirah yang dibangun di kota Makassar. Dibutuhkan sekitar 1,5 bulan untuk mengubah sebuah asrama mahasiswa menjadi rumah kuno era 1950-an, lengkap dengan perabotnya.

Source: cdns.klimg.com

Di dalam film ini diselipkan sedikit kisah cinta antara Jusuf Kalla dengan istrinya saat ini yaitu Mufidah Yusuf Kalla. Namun pada akhir film, kisah cinta mereka dibiarkan menggantung. Apakah ini pertanda akan ada sekuel lanjutan dari film ini? Kita tunggu saja ya!

Source: pbs.twimg.com

Athirah – dengan judul Internasional Emma' (berarti 'Ibu') – akan diputar di beberapa Festival Film Internasional yaitu:

- Vancouver International Film Festival, Kanada (29 September – 14 Oktober 2016)
- Busan International Film Festival, Korea (6 – 16 Oktober 2016)
- Tokyo International Film Festival, Jepang (25 Oktober – 3 November 2016)

Yuk segera tonton film Athirah di bioskop terdekat!

Salam,

airin

Airin Karima Ahmad
Airin Karima Ahmad
Graphic designer
Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Curator Introduction
Airin Karima Ahmad
Airin Karima Ahmad
Graphic designer

no comments

Follow Moeslema on SNS