1063
  2016-10-18       kesehatan.blogekstra.com

Mengatasi "Serangan" Saat Menstruasi

Biasanya kalau lagi PMS wanita cenderung sensitif karena merasakan "serangan" yang cukup menguras energi. Bagaimana ya mengatasinya agar tidak terlalu sakit, Moeslemates?

Lidya O. 166 views

Sering kita temui beberapa teman kita yang mengeluh sakit perut karena PMS. Wajar sekali jika ini terjadi pada perempuan setiap bulannya. Dan untuk menghindari sakit berlebihan, biasanya saya melakukan beberapa hal di bawah ini.

Pakai Kompres

Hal yang paling utama terpikirkan oleh saya pada saat sakit menstruasi datang adalah: alat kompres. Ya, kamu bisa mengisi air panas ke dalam alat kompres berbahan plastik ini untuk didiamkan di atas perut sambil dibawa tidur. Sedikit demi sedikit, nyeri akan hilang walaupun beberapa jam setelah itu terkadang kambuh lagi. Kamu bisa menggantinya jika air di dalam kompresan sudah tidak panas lagi.

Banyak Minum Air Putih

Source: cariseo.com

Karena saya bekerja di depan laptop, seringkali kelupaan minum air putih dan dapat menyebabkan dehidrasi ringan. Hal ini bisa memperparah sakit menstruasi. Oleh karena itu, air putih sangat bermanfaat dan baik untuk mencegah timbulnya rasa sakit berlebih saat menstruasi.

Mandi Air Hangat

Selanjutnya, mandi air hangat. Hal ini dipercaya untuk merileksasikan bagian perut yang sakit karena menstruasi. Tapi jangan dibiasakan mandi air hangat setiap hari ya Moeslemates. Karena ada beberapa efek yang kurang baik bagi tubuh.

Makan Sayuran & Buah

Saat menstruasi, perempuan rentan mengalami anemia. Oleh karena itu, untuk menghindari anemia disarankan mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti sayur bayam, daun singkong, kacang-kacangan, ubi merah, hati ayam dan masih banyak lagi. Selian itu, konsumsi buah-buahan juga dapat mengurangi nyeri sakit menstruasi.

Istirahat

Istirahatlah yang cukup terutama di siang hari pada saat nyeri itu benar-benar sakit. Dan usahakan untuk tidak melakukan banyak aktivitas berat jika dirasa tidak mampu. Saya pun selalu mengurangi jadwal bepergian jika menstruasi datang di hari pertama dan hari kedua. Karena hal ini sangat berpengaruh pada rasa nyeri yang akan timbul selama masa menstruasi.

Penyebab Sakit Menstruasi

Tahukah Moeslemates mengapa setiap kali kita menstruasi sering merasakan sakit pada bagian bawah perut?

Saat menstruasi, kontraksi terjadi dengan kencang pada bagian dinding rahim sehingga menekan pembuluh darah yang mengelilingi rahim. Suplai darah dan oksigen pun menjadi berkurang. Ketiadaan oksigen inilah yang menyebabkan rasa nyeri pada bagian bawah perut saat menstruasi datang.

Nah, nyeri haid ini biasanya akan terasa menyiksa di awal-awal menstruasi saja. Setelah darah yang keluar mulai menipis, nyeri pun akan hilang dengan sendirinya. Dan setiap perempuan mengalami sakit yang berbeda-beda. Ada yang biasa saja, ada yang sampai pingsan, dan ada juga yang tidak merasakan sakit sama sekali. Namun, kondisi seperti ini akan membaik seiring bertambahnya usia dan saat perempuan setelah memiliki anak.

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS