1062
  2016-10-15       pbs.twimg.com

Mengenal Komunitas "Jakarta Osoji Club"

Yuk kenalan sama komunitas yang diusung oleh orang Jepang yang memiliki kepedulian besar terhadap kebersihan lingkungan Jakarta!

Lidya O. 236 views

Kesadaran masyarakat Jakarta akan kebersihan lingkungan terbilang sangat minim. Sebegitu banyaknya sampah yang berserakan di jalan sampai-sampai ada komunitas yang diusung oleh orang Jepang dengan moto "Mari Wujudkan Kota Jakarta Yang Bersih". Wah, saya sebagai warga Jakarta merasa malu karena masih suka buang sampah sembarangan. Mulai sekarang, yuk ubah mindset kita untuk lebih memperhatikan kebersihan lingkungan mulai dari buang sampah di tempatnya.

Sejarah Jakarta Osoji Club

Kumpulan orang asing yang bertugas sebagai pembersih jalanan Jakarta ini sudah ada sejak 2012 silam lalu. Berawal dari artikel yang berjudul "Flame Tree" yang diterbitkan oleh Jakarta Shinbun, Mr. Ashida selaku pendiri klub memiliki pemikiran untuk membuat Jakarta yang bersih dengan mengajak orang-orang untuk mengambil sampah di jalan dan membuangnya ke tempat sampah. Dan beliau mempersilakan siapa saja yang mau bergabung di klub ini termasuk orang Indonesia.

Kegiatan Jakarta Osoji Club

Source: id.animepo.com

Komunitas ini rutin melakukan kegiatan bersih-bersih pada hari Minggu pukul 08:00 pagi di Ring Road Pintu XII Gelora Bung Karno. Ternyata, tidak hanya jadwal bersih-bersih saja, Jakarta Osoji Club juga sering tampil dan bergabung di acara-acara besar yang mendukung kebersihan lingkungan Jakarta lho!

Jakarta Osoji Club di Gelar Jepang UI ke-21

Bagi kamu yang senang mengikuti acara jejepangan, pasti sudah tidak awam lagi dengan "Gelar Jepang UI". Ya, tahun kemarin Jakarta Osoji Club dan Gelar Jepang UI mengadakan kegiatan "Petik Sampah" di area acara lho Moeslemates. Pendiri komunitas ini, Mr. Ashida juga memberikan informasi dan berkampanye kepada semua penonton untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Jakarta Osoji Club di HUT Jakarta ke-487

Pada tanggal 22 Juni 2014 lalu adalah Hari Ulang Tahun Jakarta ke-487 yang bertepatan dengan kegiatan bersih-bersih Jakarta Osoji Club di GBK.

Pada hari tersebut, di GBK telah dilangsungkan kampanye salah satu calon presiden sehingga tempat biasa mereka berkumpul sudah tertutupi oleh bus dan mobil kampanye, serta orang-orang yang berjualan atribut kampanye. Kegiatan pun tetap berlangsung dengan semangat dan beberapa foto di bawah ini cukup memberikan pernyataan bahwa kesadaran warga Jakarta pada kebersihan lingkungan memang sangat memprihatinkan.

Berkampanye sih tidak dilarang, tapi akan jauh lebih baik jika atribut-atribut hasil kampanye tersebut tidak dibuang sembarangan ke jalan.

Walaupun pasti lelah memunguti sampah, tapi setidaknya ini bisa mengurangi sampah-sampah yang berserakan setelah acara kampanye tersebut.

Lihatlah tong sampah unik ini! Ke mana perginya ya? Kalau sudah begini, orang-orang akan semakin malas untuk membuang sampah di tong sampah, kan?

Masih banyak lagi lho Moeslemates kegiatan aksi bersih-bersih dan kampanye keikutsertaan Jakarta Osoji Club di acara-acara besar yang diadakan komunitas lainnya.

Liputan Jakarta Osoji Club

Untuk tetap up to date berita dan jadwal kegiatan Jakarta Osoji Club, Moeslemates bisa langsung ikuti saja akun-akun mereka di bawah ini. Yuk, kita ajak orang Jakarta untuk lebih mencintai kebersihan dan tidak lagi membuang sampah sembarangan!

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS