1059
  2016-10-18       www.kemendag.go.id

Trade Expo Indonesia (TEI) 2016: Diversifikasikan Pasar Ekspor

Acara TEI 2016 sukses meningkatkan kegiatan ekspor Indonesia.

Official Moeslema Team 46 views

Assalaamu'alaikum Moeslemates,

Kementerian Perdagangan kembali menggelar pameran dagang berskala internasional Trade Expo Indonesia (TEI) 2016 yang resmi dibuka 12 Oktober 2016. Acara yang sudah digelar untuk ke 31 kalinya ini bertempat di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, dan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo.


Yang unik dari TEI 2016, pembukaan TEI 2016 dilakukan dengan prosesi penabuhan gendang
oleh Presiden Joko Widodo.

 

Di TEI 2016 terdapat 5 (lima) zona produk yaitu Manufactured Goods and Services; Furniture & Home Decoration; Food & Beverages; Premium Craft, Beauty & Lifestyle; dan Premium SME’s Products. FYI moeslemates, acara ini tahun lalu sukses menarik perhatian lebih dari 10.000 pengunjung yang berasal dari 100 negara lebih.


Tahun ini lebih meriah karena acara ini akan dihadiri lebih dari 15.000 pengunjung dan pembeli yang berasal dari 120 negara.

 


Ribuan undangan dan pembeli potensial dari berbagai negara menghadiri acara pembukaan.

 


Mengambil tema "Indonesia: Source of Natural and Creative Products", di acara ini dipamerkan berbagai produk unggulan hasil kreativitas dan inovasi desain. Setelah acara pembukaan, Presiden Joko Widodo mengunjungi berbagai produk yang dipamerkan di acara TEI 2016.

 


Selain expo, di acara ini juga terdapat talkshow dan acara lainnya.

 


Setiap harinya, ada penandatanganan MOU kerjasama antara pembeli dari berbagai negara dengan Indonesia.

 

Dilangsir dari Antaranews.com, selama acara TEI 2016, tercatat total transaksi hingga mencapai 974,76 juta dolar AS, atau setara dengan Rp 12,7 triliun moeslemates. Jumlah ini didominasi oleh transaksi barang masih mendominasi sebanyak 826,52 juta dolar AS, sektor jasa senilai 48,23 juta dolar AS dan investasi Indonesia ke negara lain sebesar 100 juta dolar AS. Dari total pembeli potensial sebanyak 15.567 orang dari 125 negara, sebanyak 110 negara melakukan transaksi langung dengan pelaku usaha dalam negeri.

Acara ini dianggap sukses mendorong diversifikasi pasar ekspor karena nilai transaksi expor di acara ini naik 7,2% dari tahun sebelumnya dan dari Kemendagri sendiri menyebutkan bahwa diversifikasi produk terlihat dari lima produk yang diminati, yaitu mebel, elektronik dan peralatan listrik, makanan olahan, rempah-rempah, dan minyak atsiri. Selain itu, antusiasme buyer juga terlihat untuk produk specialty coffee (kopi premium). Pada TEI 2016 ini, kayu ringan juga mendapat respon luar biasa.

Semoga kedepannya kegiatan ekspor impor di Indonesia terus meningkat dan banyak UKM yang lebih go international.

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: NEWS&EVENT


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS