105
  2016-06-09       manfaat.co.id

8 Manfaat Susu Kacang Kedelai bagi Kesehatan

Minum susu kacang kedelai satu gelas sehari bisa bantu kamu jaga kesehatan. Yuk simak rangkuman kami tentang manfaat susu kacang kedelai di bawah ini ya moeslemates.

Official Moeslema Team 83 views

Assalaamu’alaikum Moeslemates,

Sebagian orang ada yang alergi susu sapi, untuk itu mereka mencari minuman “pengganti” susu sapi. Berbagai jenis susu lainnya umumnya dihasilkan dari hewan lain atau olahan kacang, salah satu jenis susu lain yang cukup populer adalah susu kacang kedelai. 

Pada susu kacang kedelai terdapat berbagai kandungan kacang kedelai seperti karbohidrat, serat, vitamin B12, E, dan K, zat besi, riboflavin, asam amino essensial, dan masih banyak lagi.

 

Manfaat Susu Kedelai

Dirangkum dari berbagai sumber, ada beberapa manfaat utama dari susu kacang kedelai. Yuk disimak moeslemates.

Bagus untuk Diet

Kandungan kalori yang cukup rendah bisa menjadi pilihan untuk moeslemates yang sedang berdiet. Selain rendah kalori, susu kacang kedelai memiliki serat yang baik untuk tubuh. Kandungan lemaknya pun lebih rendah daripada susu sapi loh moeslemates.

Mengandung Protein Baik

Protein baik mampu mengurangi jumlah kolesterol jahat atau LDL. Sehingga bisa menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke. Banyak institusi kesehatan dunia menyarankan diet rendah lemak jenuh untuk mencegah masalah kardiovaskular. Penyakit jantung adalah penyebab kematian paling utama, susu kacang kedelai bisa mencegah penggumpalan darah atau kolestrol.

Kaya Nutrisi

Harus diakui, susu kedelai tetaplah berbeda dengan susu sapi. Meski demikian, susu kedelai tetap memiliki berbagai nutrisi yang juga diperlukan tubuh. Dengan meminum susu kedelai secara teratur, kita bisa mencegah osteoporosis.

Mencegah Menopause Dini

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa susu kacang kedelai dapat mencegah menopause dini jika diminum secara teratur.

Mengurangi Tekanan Darah

Kadungan magnesium pada susu kacang kedelai dapat mengurangi tekanan darah. Hal ini dikarenakan magnesium membantu otot polos untuk tetap lebar. Otot polos yang lebar akan membantu pembuluh darah untuk tetap lentur.

Mengurangi Resiko Diabetes

Magnesium dan Vitamin D yang dikandung oleh susu kacang kedelai dapat membantu mencegah terjadinya penyait diabetes terutama Diabetes tipe 2.

Mencegah Osteoporosis

Lambatnya proses penyerapan kalsium dan hilangnya massa tulang adalah dua penyebab utama dari osteoporosis. Kandungan Vitamin D dan fitoestrogen yang terkandung pada kedelai dapat membantu proses penyerapan kalsium dan mencegah hilangnya massa tulang.

Membantu Menjaga Kesehatan Mental

Kadar serotonin neurokimia pada susu kacang kedelai dapat meningkatkan suasana hati. Sementara itu, kandungan magnesium pada susu kacang kedelai juga membantu meningkatkan serotonin yang berfungsi hampir sama dengan beberapa obat antidepresan. Kandungan vitamin D nya juga bisa mencegah efek depresi musiman bagi penderita tekanan darah tinggi.

Itu dia 6 manfaat utama susu kacang kedelai bagi kesehatan yang kami rangkum khusus untuk moeslemates. Tapi ingat yaa moeslemates, pada dasarnya semua itu baik selama tidak berlebihan. Jangan berlebihan dalam mengkonsumsi susu kacang kedelai ya moeslemates. Perhatikan juga kandungan gula pada susu atau asupan yang kalian minum/makan. Semoga bermanfaat moeslemates.

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: RECIPE&CULINARY


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS