1048
  2016-10-17       cardiacku.blogspot.co.id

Apakah sarapan itu penting ?

Setelah moeslemates mendapatkan istirahat yang cukup di malam hari selama 8 hingga 9 jam. Di pagi hari tubuh perlu mendapatkan asupan makanan untuk menambah energi. Selain untuk mempertahankan kebutuhan fisik dan otak juga dapat dengan optimal menjalankan aktivitas harian dengan optimal.

Triwitaan 50 views

Asupan makanan pada pagi hari yang dimaksud disini adalah sarapan. Sarapan di pagi hari sangat berpengaruh guna menunjang aktivitas. Aktivitas yang dilakukan pada pagi hari tentu harus didukung dengan energi yang bersumber dari asupan makanan.

Apa itu sarapan?

Source: zianaeunos.blogspot.com

Sarapan adalah kegiatan makan dan minum yang dilakukan antara bangun pagi sampai jam 9. Untuk memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian (15-30% kebutuhan gizi) dalam rangka mewujudkan hidup sehat, aktif dan produktif.

Kenapa sarapan itu penting?

Source: www.kesehatanpedia.com

Menurut prof. dr. Hardiansyah, MS. Selaku ketua umum Pergizi Pangan Indonesia, kebiasaan sarapan akan meningkatkan kualitas hidup seluruh keluarga Indonesia.
"Sekitar kurang lebih 100 penelitian yang dilakukan oleh Harvard menunjukan manfaat sarapan dari usia anak sampai remaja. Dengan sarapan membuat anak dapatkan stamina lebih, sehat dan konsentrasi yang baik, bahkan kedisiplinan dan kebersamaan." Tuturnya.


"Dari penelitian 100 anak sekolah dasar negeri (SDN) yang diteliti, terbukti bahwa sarapan dapat meningkatkan konsentrasi belajar serta kefokusan anak dalam menjalani aktivitas belajar. Anak yang tidak sarapan akan merasa lemas dan gemetar ketika menjalani aktivitas dipagi hari" Ahmad Faridi. SP.MkM, selaku Dosen Ilmu Gizi di Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

Source: www.akusehat.net

Sarapan tak hanya mengkonsumsi makanan dipagi hari saja, namun ada perhatian khusus dalam sarapan yaitu dengan mengetahui pedoman gizi seimbang dimenu sarapan. Sarapan dengan ragam variasi sumber karbohidrat dan terpenuhinya sumber protein hewani, maupun nabati. "Pedoman gizi seimbang meliputi 4 sehat 5 sempurna yang kini berubah menjadi gizi seimbang plus keamanan makanan serta mencuci tangan sebelum makan" Prof.Dr. Hardiansyah.

Selama 12-14 jam sisa makanan disimpan didalam usus besar (kolon) setelah mengalami penyerapan sari-sari makanan di usus halus. kemudian akan di buang keesokan harinya. Untuk itu tubuh perlu asupan makanan yang baik dan seimbang dipagi hari, pada waktu sarapanlah asupan makanan diperlukan untuk mempertahankan tubuh dan kinerja kerja otot.Yuk mulai sarapan setiap hari. Sempatkan sarapan dengan gizi seimbang untuk menciptakan kualitas hidup keluarga Indonesia.

Triwitaan
Triwitaan
Writer, Nutrition Addict, Konference Journalist Addict, F...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
Triwitaan
Triwitaan
Writer, Nutrition Addict, Konference Journalist Addict, Food Fadism, Student, Medical E...

no comments

Follow Moeslema on SNS