1043
  2016-10-17       www.risingtidesociety.com

Mengenal Istilah "Vlogging"

Buat teman-teman Moeslemates yang lagi "kecanduan" demam vlog, yuk intip apa-apa saja yang menjadi keharusan pada pemula vlogger.

Lidya O. 635 views

Kalau kamu sering buka YouTube, pasti tahu deh istilah "vlog" yang lagi banyak dibicarakan di sosial media. Ya, "vlog" ini semakin diminati oleh sebagian besar orang pecinta video. Salah satunya adalah di beberapa kalangan artis seperti Jessica Iskandar dan Tasya Kamila. Ada juga orang-orang yang terkenal karena video yang mereka unggah di YouTube. Sebut saja seperti Yoga Arizona dan Arief Muhammad (@Poconggg).

Pengertian "Vlog", "Vlogger" dan "Vlogging"

Vlog adalah singkatan dari video blog yang digunakan para youtuber untuk meramaikan blog mereka dengan video-video yang diunggah di YouTube. Nah, jadi kalau kalian belum punya blog pribadi dan ingin menggunakan kata "vlog" pada video-video kalian sebaiknya jangan disebut dengan "vlog" ya Moeslemates. Ini untuk menghindari kritikan dari netizen yang sekarang sedang "in" banget tren nge-vlog ini.

Vlogger adalah istilah untuk para youtuber yang menyematkan video ke blog mereka masing-masing. Sama seperti istilah blogger untuk para pemilik akun blog.

Vlogging adalah kegiatan para vlogger yang menyematkan video mereka ke dalam sebuah blog.

Vlogger Pemula

Hal yang perlu diperhatikan saat kamu mulai melakukan kegiatan vlogging adalah sebagai berikut:

1. Carilah Topik Menarik

Source: panduanim.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan pada saat akan mempersiapkan vlogging, kamu harus mencari topik menarik yang bisa menjadi perhatian orang. Misalnya, pemakaian CC Cushion yang sedang "in" atau tips-tips kesehatan yang banyak dicari para pengguna internet.

2. Go Outside!

Source: segiempat.com

Kalau kamu ingin mendapatkan gambar atau video yang bagus dengan pencahayaan yang cukup terang, coba cari venue di luar. Kalau kamu ada di lokasi pedesaan, kamu bisa buat video saat lagi jalan-jalan ke sawah atau sekitar kaki bukit. Apa saja asalkan bisa memperlihatkan keindahan alam. Walaupun ini tidak menjadi keharusan, tapi setidaknya, dengan background alam bebas akan membuat videomu lebih mengundang mata untuk menontonnya.

3. Pilih Kamera Terbaik Untuk Vlogging

Source: poster.co.id

Biasanya para vlogger menggunakan kamera khusus untuk merekam video mereka. Kalau mereka lagi mau selfie, tentunya fasilitas selfie harus ada di kamera kamu. Dan kamu bisa cari beberapa referensi kamera terbaik untuk vlogging di internet ataupun bertanya langsung ke orang yang lebih paham tentang kamera.

4. Belajar Editing

Vlog akan menarik jika kamu tambahkan tulisan-tulisan atau emoticon yang mendukung video kamu. Kalau flat begitu saja tidak akan menarik untuk dilihat. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui beberapa software video editor yang bisa kamu unggah dari internet ke laptop kamu.

5. Share Ke Akun Sosial Media Lainnya

Supaya video kamu banyak dilihat orang, coba share juga ke beberapa akun pribadi kamu lainnya seperti Facebook, Twitter, Tumblr, dan yang lainnya.

Selamat mencoba Moeslemates. Dan jadilah vlogger yang bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk orang banyak.

Lidya O. Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

1 comments

Airin Karima Ahmad
Airin Karima Ahmad 2016-10-25 08:23:35

Thank you for sharing!

Follow Moeslema on SNS