1039
  2016-10-11       3.bp.blogspot.com

Mengenal Ras Kucing Dunia

Yuk kita mengenal beberapa ras kucing dunia supaya bisa jadi referensi kamu yang berencana memelihara kucing!

Lidya O. 128 views

1. American Shorthair

American Shorthair merupakan keturunan dari ras European Shorthair dan British Shorthair. Awalnya, berkembang dari daerah Amerika bagian utara yang beriklim keras. American Shorthair beradaptasi dengan baik dan secara bertahap mengikuti perkembangan manusia hingga menyebar ke seluruh Amerika.

Kelebihan:
Atraktif, cocok dengan orang sibuk, menyenangkan, seimbang, pemburu yang baik, bulunya mudah disisir.

Yang perlu diperhatikan:
Senang mengeong dengan bebas.

2. Angora

Orang awam sering menggunakan kata Angora untuk kucing berbulu panjang, termasuk kucing Persia yang berasal dari Iran. Padahal, angora berasal dari kota Angora (Ankara, Turki). Kesalahan ini mulai terjadi sekitar 250 tahun lalu. Ketika kontes kucing mulai diadakan di Inggris pada tahun 1980, kategori kucing berbulu panjang sangat populer. Angora dan Persia turut serta yang dibawa oleh pedagang yang berbisnis di Timur Tengah. Sejak saat itulah sifat-sifat genetik persia dan Angora mulai berkembang menjadi lebih murni dan spesifik.

Kelebihan:
Sangat cantik, anggun, cerdas, setia, ramah, pendiam.

Yang perlu diperhatikan:
Kadang perlu disisir, bulu rontok pada musim gugur dan panas.

3. British Shorthair

British Shorthair banyak menjadi ikon. Kucing ini menjadi model bagi Cheshire Cat yang terdapat pada film animasi Alices Adventures in Wonderland. British Shorthair dengan pola warna silver tabby menjadi ikon produk pakan kucing paling terkenal.

British Shorthair awalnya hanya digunakan untuk menjaga hasil pertanian. Kucing ini hidup secara bebas di gudang dan pertanian. Akhir tahun 1800-an para penggemar kucing di Inggris mulai memperhatikan kucing tersebut dan menyadari akan keindahannya. Pada kontes kucing pertama di Crystal Palace, London tahun 1871, kucing-kucing ini mendapat banyak penghargaan. Tahun 1889, kucing jenis ini mendapatkan status ras kucing tersendiri. Dan tahun 1907, penggemar kucing Inggris membentuk British Cat Club.

Kelebihan:
Kuat dan kokoh, penangkap tikus yang handal, mudah untuk disayangi, cocok dengan anak-anak, pendiam, bulu mudah disisir.

Yang perlu diperhatikan:
Belum ditemukan kelemahannya.

4. Mainecoon

Mainecoon adalah salah satu ras kucing yang terbentuk secara alamiah. Sesuai namanya, ras ini berasal dari negara bagian Maine (Amerika Serikat). Mainecoon asli mempunyai jari kaki lebih banyak dibandingkan kucing lainnya lho. Kelebihan jari ini disebut dengan polidactyl dan bersifat genetik dominan. Meskipun ada beberapa pembiak kucing yang khusus memelihara sifat asli ini, sebagian besar mainecoon modern tidak lagi membawa gen polidactyl. Kebanyakan organisasi dan klub kucing dunia tidak mengizinkan kucing polidactyl ikut kontes. Akibatnya, mainecoon polidactyl tidak banyak dikembangbiakkan lagi.

Kelebihan:
Menyenangkan dan penyayang, pendiam dan suaranya unik, cocok untuk anak-anak, tenang, ukuran lebih besar daripada kucing lainnya, mudah diurus, penangkap tikus yang handal.

Yang perlu diperhatikan:
Bulu yang tebal perlu perhatian lebih banyak agar tidak kusut, porsi makan yang lebih banyak karena tubuhnya besar.

5. Persia (Longhair)

Kucing persia merupakan kucing yang cantik dengan tubuh yang besar, padat serta berbulu tebal. Mereka berasal dari Persia (Iran) dan telah dibawa masuk ke Eropa pada abad ke-16. Konon, kucing ini merupakan simbol keagungan dan kekayaan sehingga dikenal sebagai kucing bangsawan. Bulu yang panjang, tebal, manja, anggun dan memiliki sifat tenang adalah ciri khas kucing ini. Persia lebih mudah dikandangkan dan relatif tidak berisik. Cocok untuk hidup sebagai kucing rumahan.

Kelebihan:
Cantik dan elegan, mudah disayangi, tidak berisik, cocok di dalam rumah.

Yang perlu diperhatikan:
Perlu disisir setiap hari, peka, bulu yang mudah rontok dan tidak suka digoda.

6. Scottish Fold

Tahun 1796 sudah pernah dipublikasikan di Cina bahwa ada kucing yang bertelinga lipat. Ras ini mulai masuk ke Cina pada tahun 1938 dan sudah menjadi peliharaan sekitar 150 tahun.

Lidya O. Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS