1009
  2016-10-05       www.instagram.com

Premium Scarf Asal Malaysia, dUCk Scarves

Yuk, kenalan dengan salah satu brand hijab terkenal di Malaysia, dUCk scarves!

Airin Karima Ahmad 860 views

Disini ada yang tau mengenai brand dUCk? atau dUCk scarves mungkin?

Kalau kamu followers Vivy Yusof, seorang blogger dan entrepreneur asal Malaysia, pasti kamu tahu tentang brand scarf yang satu ini!

Kemunculan dUCk scarves

Bagi para wanita muslim, dorongan untuk mengenakan hijab kadang tidak datang secepat yang kita bayangkan. Hal ini juga dialami oleh Vivy Yusof, seorang fashion blogger terkenal asal Malaysia sekaligus pemilik salah satu online-retail fashion terbesar di Malaysia, FashionValet.

Dalam salah satu artikel di blog pribadinya, Vivy Yusof menceritakan perjalanannya saat akan memutuskan untuk memakai hijab.

At the end of the day, I think my willingness came after I realized how much God has given me in life. God is just so wonderful, giving and giving, even when I rebel so much. I have food on the table, I have a beautiful family, I have my health, I have all senses, I have a job, I have a pretty awesome life. God gives me all this and I can’t even do one thing that He asks of me? Do I really have to argue with my Creator on this one small thing? My hair is so important to me yet having a full head of fresh blowdry won’t be much help when I’m down there. And we know death is certain so it’s just a matter of time.

Tujuh bulan setelah menggunakan hijab, Vivy Yusof pun mengeluarkan brand head scarf miliknya yaitu dUCk. Tidak seperti brand hijab pada umumnya, Vivy Yusof menerapkan branding yang lumayan berbeda dengan brand-brand hijab pada umumnya. Vivy Yusof mengangkat dUCk sebagai urban brand yang berbeda, chic, dan spesial. Ia mengharapkan para pengguna dUCk memiliki rasa bangga dalam menggunakan dUCk scarves (lini scarf yang dikeluarkan oleh dUCk). Menggunakan hijab bukanlah sebuah langkah backward, melainkan salah satu langkah 'upgrading yourself' ke arah yang lebih baik. Scarf ini sendiri pertama kali dirilis pada 5 May 2014 di FashionValet.com.

Koleksi scarf yang dirilis oleh dUCk :
- Premium Basic : Bamboo, Georgette, Jersey, Mixed Crepe, Peachskin, Satin Silk, dan yang paling baru yaitu Matte Satin Silk.
- Prints : Koleksi kolaborasi aere x dUCk, Blurred Lines, The Kuala Lumpur Scarf, The Raya Weave, The Blooming dUCk, Kaleidoscope, The Square Kaleidoscope Scarf, The Singapore Scarf, Mother's Day, The Eid Songket Scarf, dan yang paling baru yaitu The Oops Duck.

The Oops dUck, satu range produk terbaru berupa scarf ombre yang inspirasinya datang dari insiden kecil yang terjadi saat mencuci dUCk scarves berwarna putih bersama dengan pakaian berwarna.

dUCk scarves sangat konsisten menjaga kualitas image untuk instagramnya. Apapun yang diposting oleh akun @theduckgroup selalu nampak stand out secara visual.

Kumpulan Premium Basics Scarf dari dUCk scarves.

dUCk x Bowerhouse, salah satu hasil kolaborasi dUCk scarves dengan jewellery lokal Malaysia.

Selain scarf dUCk scarves, dUCk juga memiliki 3 macam produk lain yaitu hijab inner, scarf bag, dan stationary.

Yang menarik dari cara branding dUCk scarves

Setiap brand memiliki identitas yang dapat direpresentasikan melalui cara marketingnya. Seperti apa brand kamu ingin dilihat oleh masyarakat? Story telling is about how you delivered story of your brand to your follower (read: prospective costumer).

Menurut aku, dUCk scarves memiliki cara unik untuk story telling brand-nya. Narator dari brand dUCk adalah sebuah karakter yang memiliki inisial 'D', seorang wanita dewasa muda yang hari-harinya diisi dengan kesibukan mengelola brand dUCk. Namun disisi lain, 'D' tetap berusaha menyeimbangkan kehidupan pribadinya dengan hang out bersama teman-teman. 'D' juga diceritakan memiliki seekor kucing bernama Snowy.

Terlepas dari real atau tidaknya karakter 'D', para followers merasa relate dengan karakter ini. Hal ini membuat mereka terus mengikuti dan bahkan turut memberikan komentar apabila 'D' memposting sesuatu di Instagram.

- @theduckgroup : A closer look of the Green Songket dUCk. What I love about a long shawl is the endless ways of styling it. I feel that a scarf is to be felt and loved and the only way to do this is to spend time experimenting with it. What is your perfect style? - D. #duckscarves #scarf #hijab #thesongketduck

'D' juga tidak ragu untuk me-repost foto yang di-tag kepada dirinya. Secara tidak langsung, hal ini membuat para followers berlomba-lomba membuat postingan terbaik agar di-repost oleh 'D'!

@theduckgroup : People joke that the higher the hair, the closer to God. But in our case, the higher the #ducktower, the closer to God! Lol!! This quacks me up. Send me a photo of your #ducktower or #duckcollection, dUCkies! - D. #duckscarves #scarves #hijab

Selain menggunakan story telling yang membuat karakter 'D' terasa sangat hidup, dUCk juga menyisipkan sentuhan personal dalam bentuk printed card yang berisi tentang kisah-kisah menarik dibalik inovasi dari dUCk scarves. Kartu tersebut disisipkan didalam signature box dUCk scarves. Kotak ini pada dasarnya berwarna ungu, tapi untuk koleksi tertentu (seperti LE) kemasan kotaknya akan dicetak dengan desain khusus menyesuaikan dengan desain dUCk scarvesnya.

The dUCk scarves battle

dUCk memiliki engagement yang tinggi dengan para followers-nya. Maka dari itu, produk apapun yang diluncurkan oleh dUCk selalu sold out dalam waktu relatif singkat! Produk yang hip-nya paling tinggi adalah koleksi LE (Limited Edition) scarf. Hal yang sering terjadi ketika dUCk mengeluarkan koleksi LE adalah koleksi ini akan sold out dalam hitungan menit. Tapi jangan salah, para duckies rela lho menunggu produk ini launch di website sekitar pukul 2-3 pagi hanya untuk mendapatkan koleksi LE dari dUCk. Situasi ini dinamakan 'Duck battle' oleh para duckies.

Upcoming LE collection from dUCK scarves. Sudah ada 418 komentar yang merespon postingan megenai koleksi LE terbaru ini.

Tertarik membeli dUCk scarves?

Saat ini dUCk baru saja melakukan re-stock untuk produk-produk Premium Basic. Kalo kamu tertarik untuk membeli, langsung klik link 'BUY NOW' di bawah ini ya!

Airin Karima Ahmad
Airin Karima Ahmad
Graphic designer
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction
Airin Karima Ahmad
Airin Karima Ahmad
Graphic designer

no comments

Follow Moeslema on SNS